13 Sumber Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Hipotensi

13 Sumber Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Hipotensi

13 Sumber Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Hipotensi –  Hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah didalam arteri lebih rendah dibandingkan normal dan biasa disebut dengan tekanan darah rendah. Ketika darah mengalir melalui arteri, darah memberikan tekanan pada dinding arteri, tekanan itulah yang dinilai sebagai ukuran kekuatan aliran darah atau disebut dengan tekanan darah.

Terhambatnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya seperti ginjal dapat terjadi jika tekanan darah terlalu rendah, sehingga dapat menyebabkan kepala terasa ringan dan pusing. Keadaan tubuh kita juga akan terasa tidak stabil atau goyah, bahkan kehilangan kesadaran.

Gejala Darah Rendah Atau Hipotensi

  • Jantung berdebar kencang atau tidak teratur.
  • Pusing.
  • Lemas.
  • Mual.
  • Kehilangan keseimbangan atau merasa goyah.
  • Pandangan buram.
  • Pucat dan badan dingin.
  • Napas pendek atau cepat.
  • Pingsan.
  • Dehidrasi.

Penyebab Darah Rendah Atau Hipotensi

Tekanan darah bisa berubah-ubah sepanjang hari, tergantung kepada kegiatan yang sedang dilakukan dan hal ini dianggap normal. Beberapa faktor yang menyebabkan tekanan darah seseorang rendah, karena faktor usia, pengobatan, dan kondisi cuaca.

Dengan keadaan cuaca udara yang lebih panas, akan membuat tekanan darah kita menurun. Orang yang rajin berolahraga juga umumnya mempunyai tekanan darah yang lebih rendah. Ketika anda baru saja makan, tekanan darah juga bisa menurun karena banyak darah yang akan mengalir menuju saluran pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan.

Tekanan darah pada siang dan pada malam hari pun berbeda. Jika pada siang hari tekanan darah akan meningkat dan sebaliknya pada malam harinya akan lebih rendah.

Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Darah Rendah (Hipotensi)

1. Air Mineral Atau Air Putih

Minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap mempunyai peranan penting dalam menaikkan tekanan darah. Jumlah cairan dalam tubuh berhubungan langsung dan memengaruhi kinerja jantung dan tekanan darah. Kekurangan menyebabkan penurunan tekanan darah bahkan pada orang yang mempunyai tekanan darah tinggi sekalipun. Maksimalkan untuk mengkonsumsi air sebanyak 8-10 gelas atau 1.5-2 liter sehari sangatlah penting untuk pengidap tekanan darah rendah.

2. Makanan Berserat

Makanan yang mengandung serat dapat menjadi pilihan makanan yang efektif untuk darah rendah, Mengkonsumsi makanan dengan tinggi karbohidrat dapat menurunkan tekanan darah. Karena serat merupakan salah satu komponen makanan yang mengandung karbohidrat dalam kadar rendah, sehingga tidak akan menurunkan tekanan darah secara drastis setelah makan.

3. Makanan Kaleng

Untuk penderita tekanan darah rendah, bisa memanfaatkan makanan dari makanan kaleng yang bagus untuk dikonsumsi. Tetapi jangan terlalu sering dan berlebihan mengkonsumsi makanan kaleng, karena kandungan kimia yang kurang baik terkandung didalamnya. Jadikan makanan kaleng untuk santapan sesekali agar dapat membantu tekanan darah menjadi tetap normal.

4. Minuman Berkafein

Minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda dan coklat panas mampu meningkatkan tekanan darah untuk sementara. Seperti contoh dengan mengkonsumsi minuman berkafein mampu merangsang pelepasan hormon adrenalin atau menghalangi reaksi hormon yang dapat melebarkan arteri. Jadi, jika anda sering mengalami tekanan darah rendah, maka sebaiknya meminum secangkir kopi hitam di pagi hari akan lebih baik.

5. Teh Rosemary

Teh rosemary iuga termasuk dalam makanan untuk darah rendah. Tanaman ini dikenal mungkin sebagai guna mengatasi tekanan darah rendah. Agar mendapat hasil yang maksimal, minumlah teh rosemary secara rutin.

6. Jus Buah Bit

Buah bit sejenis umbi berwarna merah yang berkhasiat untuk meningkatkan tekanan darah. Buah ini memang terbilang belum terkenal di Indonesia, namun sebagian orang sudah menggunakannya untuk mengatasi tekanan darah rendah. Anda cukup dengan meminum segelas jus buah bit setiap hari, maka anda dapat mencegah gejala yang disebabkan oleh tekanan darah rendah.

7. Garam

Garam mampu menjadi makanan untuk darah rendah yang diharapkan akan meningkatkan tekanan darah. Dan pastikan untuk anda tidak mengkonsumsi garam secara berlebihan yang malah akan membuat tekanan darah anda menjadi tinggi.

8. Konsumsi Daging Dan Hati Ayam

Ayam mengandung protein yang sangat tinggi, salah satunya adalah protein hewani yang sangat baik bagi tubuh. Jangan lupa untuk sekaligus mengkonsumsi hati ayam yang dipercaya memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yang berperan untuk bisa memompa sekaligus memacu tekanan darah. Oleh karena itu, lakukan dengan cara direbus atau dikukus agar tidak tercampur lemak jahat.

9. Kismis

Kismis mampu mengobati tekanan darah rendah secara efektif. Kismis memang sangat efektif sebagai makanan untuk penderita tekanan darah rendah. Sebaiknya pastikan kismis menjadi bagian dari menu makanan anda.

Lakukan dengan cara kismis tersebut di rendam kurang lebih sepuluh kismis dalam air dan diamkan semalaman. Kunyahlah kimis secara perlahan sebelum benar-benar masuk kedalam perut anda. Dengan cara lainnya, minumlah air rendaman kismis. Dan sebaiknya anda rutin mengkonsumsinya minimal selama 1 bulan agar mendapatkan hasil yang memuaskan.

10. Akar Licorice

Akar licorice menjadi makanan untuk darah rendah berikutnya yang sangat dianjurkan untuk penderita darah rendah. Selain untuk mengatasi tekanan darah rendah, makanan ini juga baik untuk penderita sindrom kelelahan kronis. Akar licorice juga membantu menurunkan masa lemak tubuh, namun cenderung menyebabkan retensi cairan.

Anda juga dapat mengkonsumsinya dengan cara menambahkan akar licorice bubuk atau kering kedalam segelas air mendidih. Lalu saring dan minum teh ini setiap hari selama beberapa hari, maka tekanan darah anda akan kembali normal.

11. Biji Bunga Matahari Dan Labu Asin

Biji bunga matahari dan segenggam labu asin memiliki khasiat untuk tekanan darah rendah. Anda dapat mengkonsumsi makanan tersebut untuk meningkatkan asupan garam serta menstabilkan tekanan darah anda. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan vitamin E yang terdapat didalamnya.

12. Susu Dan Kacang Almond

Susu dan kacang almond juga dapat membantu untuk mengendalikan tekanan darah rendah dengan bekerja pada kelenjar adrenal dalam tubuh anda. Untuk hasil yang maksimal, anda perlu merendam kurang lebih 4-5 kacang almond dan diamkan semalaman. Setelah itu, anda kupas kulitnya dan tumbuk hingga halus. Lalu tambahkan bubuk almond pada secangkir susu hangat dan nikmati setiap pagi selama beberapa minggu untuk meningkatkan tekanan darah rendah anda.

13. Daun Kemangi

Daun kemangi bisa juga sebagai makanan untuk darah rendah. Karena daun tersebut mengandung banyak magnesium, potassium, vitamin B5 dan vitamin C yang efektif untuk mengatur tekanan darah anda. Anda dapat meminum ekstrak daun kemangi yang dicampur madu setiap hari dalam keadaan perut kosong, dengan mengunyah 4-5 helai daun kemangi lakukan pada pagi hari setiap hari.

Demikian beberapa informasi mengenai  13 Sumber Makanan Yang Sehat Bagi Penderita Hipotensi yang baik untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *