Atasi Kolesterol Tinggi Dengan 10 Khasiat Dari Buah Belimbing

Kolesterol Tinggi Dengan 10 Khasiat Dari Buah Belimbing

Kolesterol Tinggi Dengan 10 Khasiat Dari Buah Belimbing

Kali ini kita akan membahas seputar Kolesterol yang bisa di sembuhkan dengan buah Belimbing. Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

Belimbing adalah salah satu tumbuhan buah yang memiliki bentuk khas. Buah belimbing awalnya berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Namun kini penyebarannya sudah sangat luas yaitu hampir diseluruh penjuru dunia.

Belimbing adalah salah satu tanaman buah tropis, pohon buah yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter dengan banyak cabang. Daunnya yang majemuk dan memiliki panjang sekitar 50 cm. Bunga pada tumbuhan ini memiliki warna merah muda.

Buah pada tumbuhan ini mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning. Apabila buah dipotong, maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasanya pun manis dengan sedikit asam dan bijinya pun berwarna hitam atau coklat.

Jenis-Jenis Buah Belimbing

Belimbing Bangkok

Belimbing bangkok adalah salah satu varietas belimbing yang berasal dari Thailand. Bentuk buahnya agak sedikit lebar serta pipih.

Belimbing Demak

Belimbing demak adalah salah satu varietas belimbing yang berasal dari Demak. Belimbing ini memiliki warna putih kekuningan yang rasanya sedikit asam.

Belimbing Sembiring

Belimbing sembiring merupakan salah satu jenis varietas belimbing yang berasal dari kota Medan, tepatnya di Pancur Batu.

Belimbing Malaya

Belimbing ini adalah salah satu belimbing hasil okulasi. Warnanya sedikit keemasan dan bertekstur lunak dengan rasa yang manis.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh merupakan salah satu jenis varietas belimbing yang berasal dari kepulauan Maluku. Belimbing ini dikenal sebagai belimbing sayur dan memiliki rasa yang amat asam.

Manfaat Buah Belimbing Yang Perlu Diperhatikan

Belimbing merupakan salah satu buah yang mengandung asam oksalat dengan kadar tertinggi. Dalam 100 gram belimbing segar terkandung sebanyak 50.000-95.800 ppm asam oksalat. Asam oksalat dianggap sebagai senyawa anti-nutrien karena mengganggu penyerapan dan metabolisme dari beberapa mineral alami, misalnya kalsium, magnesium, dsb.

Kebanyakan orang untuk mengatasi kolesterol tinggi mengkonsumsi obat-obatan kimia sebagai jalan keluarnya. Padahal, obat tersebut hanya bisa menurunkan gejala kolesterol serta hanya memberi efek samping terhadap dirinya saja.

Penyakit kolesterol merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius dan memang harus diatasi secepat mungkin. Sebab, terlau banyak lemak atau tumpukan lemak didalam darah akan menghambat saluran pembuluh darah. Yang mana penyumbatan tersebut akan menimbulkan komplikasi lain seperti stroke.

Untuk pencegahan serta penurunan jumlah kolesterol ini, perlu sekali anda mengkonsumsi obat herbal alami yang memiliki zat aktif, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dengan stabil. Salah satu diantara obat herbal tersebut, yakni dengan memilih tumbuhan yang mudah didapat seperti buah belimbing.

Buah Belimbing mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk keluhan kolesterol tinggi sebagai berikut :

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Serat yang terdapat pada belimbing mampu membantu menghilangkan lemak melalui kotoran, meningkatkan pembuangan kolesterol, lipid dan asam empedu melalui kotoran. Dengan demikian, belimbing berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh.

2. Mampu Mencegah Penumpukan Kolesterol

Kandungan vitamin C yang terdapat pada belimbing ini mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dan juga mampu meluruhkan kolesterol yang terlanjur menumpuk pada pembuluh darah. Sehingga dapat mencegah terjadinya aterosklerosis.

3. Mencegah Penyerapan Kolesterol Jahat (LDL)

Buah belimbing mengandung sumber senyawa aktif flavonoid yang baik, termasuk diantaranya, Asam Galat, Quercetin dan Epicatechin. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai sifat antioksidan yang kuat, yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya proses penyerapan kolesterol jahat (LDL).

Selain berguna bagi pencegahan penyakit kolesterol, adapula khasiat lain dari buah belimbing yang berguna bagi kesehatan tubuh lainnya misalkan :

4. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan, buah belimbing juga dapat membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flovanoid polifenol yang ditemukan didalam buah ini mampu melawan efek mutagenik akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh. Sehingga terhindar dari resiko penyakit kronis. Selain itu, belimbing juga kaya akan serat yang dapat membantu membersihkan racun didalam usus besar.

5. Bersifat Anti-inflamasi

Tingginya jumlah antioksidan dan flovanoid yang ada dalam belimbing dapat mengurangi resiko peradangan kulit, termasuk psoriasis dan dermatitis. Bukan itu saja, belimbing juga mengandung sumber vitamin C yang melimpah, yang dapat membantu membersihkan racun dan memaksimalkan produksi kolagen dalam kulit.

6. Memelihara Jantung

Belimbing terdapat kandungan didalamnya yaitu zat natrium dan kalium yang cukup tinggi. Kedua zat tersebut bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, membersihkan plak pada pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Merangsang Produk Asi

Belimbing juga dikenal sebagai makanan sehat yang dapat merangsang produksi ASI pada ibu muda. Kandungan nutrisi dalam belimbing dipercaya sangat ampuh untuk melancarkan kelenjar susu yang tersumbat dan memaksimalkan produktivitas ASI.

8. Menurunkan Berat Badan

Belimbing sangat minim kalori namun kaya akan serat. Sehingga aman untuk dikonsumsi seseorang yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Selain itu, menyantap belimbing juga diklaim dapat memaksimalkan sistem metabolisme sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Mengandung zat kalsium yang cukup tinggi belimbing dapat membantu mencegah resiko beragam penyakit kronis, seperti oaterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Berguna mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah dan arteri. Buah belimbing dipercaya juga untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

10. Mengontrol Diabetes

Belimbing dapat membantu mencegah pelepasan glukosa yang berasal dari makanan, yang pada akhirnya akan meminimalisirkan peningkatan kadar insulin, yakni penyebab memburuknya kondisi diabetes. Hal tersebut menjadikan belimbing sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

Kesimpulan

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin yang cukup lengkap, terdiri dari aneka vitamin, mineral, juga sedikit elektrolit. Dan sebagian kandungan itu juga termasuk senyawa-senyawa aktif yang dapat menjadi antioksidan didalam tubuh kita.

Berkat kandungan nutrisinya, khasiat buah belimbing juga bagus untuk kesehatan. Hanya saja, berhati-hatilah terhadap bahaya buah belimbing. Karena, buah belimbing sangat tidak dianjurkan bagi para penderita sakit ginjal. Perhatian juga belimbing sebaiknya tidak dikonsumsi ketika sedang meminum obat-obatan tertentu.

Demikianlah ulasan artikel tentang Sembuhkan Kolesterol Tinggi Dengan Khasiat Dari Buah Belimbing. Semoga ulasan dengan membaca informasi diatas kita bisa lebih mengetahui tentang tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *