Cara Alami Redakan Batuk Dengan Cepat

Cara Alami Redakan Batuk Dengan Cepat

Cara Alami Redakan Batuk Dengan Cepat

Pengertian Batuk

Gejala dari batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.

Batuk jarang ditandai sebagai penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu bahkan kurang. Sehingga tidak akan membutuhkan pengobatan yang serius. Keefektifan obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya.

Penyebab Batuk

Infeksi saluran pernapasan yang akan menyebabkan gejala batuk akibat virus. Selain itu, ada beberapa penyebab batuk yang lain meliputi :

  • Penyakit jangka panjang yang kambuh misalnya asma.
  • Rinitis alergi misalnya alergi terhadap serbuk sari.
  • Cairan dari hidung yang menetes ke tenggorokan.
  • Merokok atau menggunakan tembakau dengan cara lain (yang tidak semestinya).
  • Paparan debu, asap, serta senyawa kimia.

Selain penyebab dari iritan, batuk juga dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Batuk yang disebabkan oleh infeksi juga biasanya disertai dengan gejala lain seperti hidung tersumbat, demam, rasa tidak nyaman di perut atau hidung yang berair.

Batuk akibat infeksi bakteri membutuhkan antibiotik sebagai obat. Akan tetapi, batuk oleh sebab lain seperti alergi atau virus tidak membutuhkan pengobatan antibiotik.

Obat Batuk Alami Yang Mudah Didapat

Obat batuk alami menjadi pilihan untuk mengatasi gejala batuk yang diderita. Hanya saja, efektivitas dari obat batuk alami akan berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Selain itu, obat batuk alami harus dikonsumsi dengan hati-hati, terutama untuk yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Meski sebagian besar batuk akan sembuh dengan sendirinya, rasa tidak nyaman akibat batuk kerap membuat banyak orang memilih untuk mengkonsumsi obat batuk, termasuk obat batuk alami.

Memanfaatkan Bahan Alami Di Sekitar Anda

Bahan alami yang sering dimanfaatkan sebagai obat batuk alami, antara lain :

  • Madu

Anda dapat menggunakan manfaat dari madu sebagai obat batuk alami. Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat minuman yang terbuat dari campuran 2 sdt madu dengan teh herbal atau air hangat dan perasan air lemon.

  • Air Garam

Jika batuk yang dialami terasa gatal pada tenggorokan, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Cukup campurkan ½ sdt garam ke dalam 250 ml air hangat dan gunakan untuk berkumur. Maka rasa gatal yang menyebabkan batuk dapat diredakan.

  • Jahe

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat batuk alami anda bisa mencoba menyeduh beberapa iris jahe dengan air panas dan tunggu beberapa menit saja.

Setelah air seduhan jahe terasa hangat, anda bisa meminum teh jahe tersebut sebagai obat batuk alami. Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi gejala lain seperti sakit tenggorokan dan mual yang dirasakan saat terkena flu.

  • Nanas

Cara yang lain dalam meredakan batuk adalah dengan mengkonsumsi buah nanas. Kandungan dari bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu meredakan batuk dan juga mengencerkan lendir di tenggorokan.

Untuk mendapatkan manfaat nanas ini, cobalah untuk mengkonsumsi sepotong nanas atau 100 ml jus nanas segar sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Kecap Dan Jeruk Nipis

Sesendok larutan kecap manis dan perasan jeruk nipis mampu meredakan gejala-gejala yang menyertai batuk, seperti susah bernapas dan tenggorokan gatal.

Obat turun-temurun ini sudah menjadi resep orang-orang terdahulu. Kamu bisa mengkonsumsinya 1 sdm setiap setelah makan.

  • Jeruk Nipis Dan Air Panas

Perasan 1 buah jeruk nipis yang diseduh dengan air hangat dapat segera memberikan efek lega di tenggorokan. Tidak perlu menambahkan gula lagi. Kalau tidak suka rasanya yang terlalu asam, tambahkan saja madu agar rasanya lebih enak.

  • Jamu Kencur

Salah satu penyebab jamu dianggap sebagai obat yang manjur adalah khasiatnya yang langsung terasa dikonsumsi. Jamu herbal kencur ini banyak dikonsumsi juga oleh para penyanyi untuk menjaga kondisi pita suara. Kencur juga dapat membantu melegakan tenggorokan yang terasa berlendir ketika kita batuk.

  • Wedang Jahe

Jahe mengandung banyak minyak atsiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak atsiri lebih banyak.

Baik wedang jahe ataupun olahan lainnya, anda dapat mengkonsumsinya di malam hari sebelum tidur. Sebab, batuk biasanya semakin menjadi ketika saat malam hari.

Oleh karena itu, agar tidur bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah wedang jahe sebelum tidur. Namun, jika gejala batuk tidak kunjung reda juga lebih dari dua pekan, sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Selain dengan berbagai olahan obat batuk alami diatas, dengan banyak minum air putih juga dapat membantu di saat batuk. Sebab, mengkonsumsi cairan yang cukup dapat melembabkan tenggorokan sehingga dapat mengurangi iritasi yang terjadi.

Memulihkan Batuk Yang Di Derita

Selain mengkonsumsi obat alami, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan batuk. Cara yang paling mudah adalah beristirahat yang cukup.

Dengan mengurangi aktivitas dan membiarkan tubuh beristirahat, maka batuk dan filek cenderung dapat sembuh dengan lebih cepat.

Mandi air hangat pun dapat meredakan batuk. Sebab, uap air hangat yang digunakan untuk mandi dapat membantu melancarkan pengeluaran lendir di hidung dan tenggorokan.

Jika anda sedang mengalami gejala batuk, lakukanlah dua cara ini di rumah agar batuk dapat mereda. Selain itu juga, anda disarankan agar menghindari udara yang kotor.

Batuk yang tidak kunjung sembuh bisa jadi itu merupakan gejala tanda adanya penyakit serius, apalagi jika batuk disertai dengan lendir yang tebal, nyeri dada, adanya penurunan berat badan, sulit bernapas, demam dan batuk berdarah.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *