Cara Mengatasi Penyakit Liver Dengan Herbal Alami

Cara Mengatasi Penyakit Liver Dengan Herbal Alami

Cara Mengatasi Penyakit Liver Dengan Herbal Alami

Terjangkitnya penyakit liver disebabkan oleh berbagai faktor yang dapat merusak hati, seperti virus dan penggunaan alkohol.

Obesitas juga berhubungan dengan kerusakan hati. Seiring waktu, kerusakan hati berdampak pada luka di jaringan (sirosis), yang dapat menyebabkan gagal hati, suatu kondisi yang akan mengancam nyawa seseorang.

Hati adalah organ yang bekerja paling keras didalam tubuh. Berukuran seperti bola yang berada tepat dibawah tulang rusuk di sisi kanan perut anda.

Fungsi hati sangatlah penting untuk mencerna makanan, menyingkirkan tubuh kita dari zat beracun dan menyimpan energi bagi tubuh untuk digunakan bila diperlukan.

Penyebab Penyakit Liver

Jenis dari penyakit liver sangatlah beragam. Berikut ini merupakan jenis dari penyakit liver berdasarkan penyebabnya, yaitu :

  • Penyakit liver karena alkohol

Alkohol bersifat toksik untuk sel hati, terutama pada saat organ ini menyaring alkohol dari dalam darah. ketika minuman alkohol diserap lalu disaring oleh hati, sel-sel hati itu dapat mengalami kematian.

Meskipun hati memiliki kemampuan regenerasi yang dapat mengganti sel-sel yang rusak. Tetapi, jika seseorang terus-menerus mengkonsumsi alkohol, maka kemampuan regenerasi hati dapat terganggu dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius dan lebih berbahaya.

  • Perlemakan Hati

Dalam kondisi normal, sel-sel hati seharusnya mengandung sedikit lemak, namun jika pada penyakit liver, terdapat penumpukkan lemak yang berlebih di sel-sel hati tersebut.

Perlemakan hati seringkali terjadi pada orang yang mengalami obesitas dan memiliki kandungan lemak tinggi didalam tubuh.

  • Hepatitis

Hepatitis adalah suatu penyakit yang muncul akibat peradangan pada jaringan hati. Jenis hepatitis ringan dapat disembukan dengan mudah. Sedangkan untuk jenis hepatitis serius, dapat berkembang menjadi sirosis, gagal hati maupun kanker hati yang akan sulit disembuhkan.

  • Hepatitis Toksik

Jika senyawa kimia beracun terdapat pada tubuh seseorang, akan menyebabkan kerusakan jaringan hati. Pada beberapa kasus, hepatitis toksik yang serius dapat memicu terjadinya kerusakan jaringan hati secara permanen, sirosis dan gagal hati yang membahayakan nyawa.

  • Kanker Hati

Kanker hati merupakan jenis kanker yang awal munculnya dari dalam organ hati. Terdapat beberapa jenis kanker hati yaitu, hepatocelluler carcinoma (HCC), hepatoblastoma dan cholangiocarcinoma. Jenis kanker HCC merupakan yang paling sering terjadi.

Cara Alami Mengobati Penyakit Liver

Jika anda mengalami penyakit liver, jangan dulu terburu-buru mengkonsumsi obat yang mengandung bahan kimia. Anda bisa mencoba terlebih dulu dari beberapa cara alami untuk mengobati liver seperti dibawah ini :

1. Tanaman Temulawak

Kandungan dari saripati temulawak banyak dipercaya masyarakat untuk mengobati penyakit liver secara ampuh. Kandungan didalam temu lawak bermanfaat untuk memperkuat sel-sel liver dan menjaga daya tahan tubuh.

Saripati didalam temulawak membuatnya mampu mencegah terjadinya peradangan dan anti-hepatotoksik yang sangat penting dalam menjaga kesehatan hati.

2. Daun Pegangan

Didalam daun pegangan mengandung banyak zat penting untuk mengobati berbagai macam penyakit organ hati seperti brahminoside, brahmic acid, madasiatic acid, magnesium, kalium, garam, natrium, besi, kalsium, zat samak dan juga vallerine.

3. Sirih Merah

Kandungan dari saripati sirih merah untuk mengobati peradangan dalam hati berfungsi sebagai anti-oksidan sekaligus anti-septik alami yang dapat mencegah dan melawan virus dan jamur penyebab infeksi hati.

4. Kunyit

Kandungan minyak atsiri pada kunyit sebanyak 6% yang dapat mengatasi radang dan obat herbal alami atasi liver bengkak. Kunyit juga memiliki kandungan kurkimin yang berkhasiat untuk sembuhkan penyakit liver atau penyakit kuning.

5. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan selenium yang sangat baik sebagai cara mengobati penyakit liver dengan cara membersihkan organ hati dan melindungi dari kerusakan akibat racun sekaligus makanan sehat untuk penderita liver.

Bawang putih juga sangat baik untuk mengaktifkan enzim dalam liver yang berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh, mengurangi kolesterol dan trigliserida yang dapat membebani liver dan menghambat fungsi hati.

6. Buah Malaka

Kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang tinggi didalam buah malaka berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang bernama sel karsinogenik dan mengatasi radikal bebas yang menyerang organ hati. Rajin mengkonsumsi buah malaka akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

7. Sambiloto

Kandungan saripati sambiloto sangat baik untuk pengobatan penyakit dalam diantaranya seperti penyakit liver/hepatitis. Dengan kandungan zat andrographolid didalamnya, memang memberikan rasa pahit ketika mengkonsumsinya.

Tetapi memiliki manfaat yang penting, fungsi dari zat andrographolid adalah untuk menawarkan inti sel tumor dan menjaga kemampuan daya tahan tubuh.

8. Umbi Bit

Umbi dari buah bit memiliki manfaat yang baik untuk membersihkan dan mendukung fungsi hati. Umbi bit memiliki kandungan flavonoid dan kandungan beta-karoten.

Senyawa tersebut mampu merangsang dan meningkatkan fungsi hati secara keseluruhan, selain itu juga berfungsi untuk memurnikan darah secara alami.

Itulah cara yang bisa anda gunakan untuk mengobati penyakit liver secara alami. Dengan penerapan yang rutin, semoga penyakit liver yang anda derita dapat disembuhkan. Salam Sehat !

Baca Juga : Obat Penyakit Fatty Liver

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *