Cara Menghaluskan Kulit Dengan Alami

Cara Menghaluskan Kulit Dengan Alami

Cara Menghaluskan Kulit Dengan Alami –  Kulit merupakan salah satu organ terbesar pada tubuh manusia yang meliputi hampir seluruh permukaan tubuh.

Kulit memiliki berbagai manfaat, misalnya melindungi otot, tulang dan organ internal serta melindungi tubuh dari kuman-kuman, kehilangan cairan berlebih dan menjaga suhu tubuh tetap stabil.

Fungsi lain dari kulit adalah, akan membuat anda dapat merasakan panas, dingin dan sakit serta ikut memproses vitamin D dari sinar matahari.

Pentingnya peran kulit akan membuat anda perlu mengetahui cara merawat kulit yang tepat sesuai jenis kulit yang berbeda. Jenis kulit umumnya dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu : kulit normal, berminyak, kering dan sensitif. Masing-masing akan memerlukan perawatan yang berbeda sesuai karakternya.

Macam-Macam Jenis Kulit

  • Kulit Kering

Kulit kering mempunyai ciri yang tidak elastis dibanding jenis kulit lain. Jenis kulit kering cenderung terlihat kusam, berkerut, mudah gatal dan mengalami iritasi, kasar dengan garis wajah yang lebih mudah nampak.

Jika terkena langsung dengan paparan sinar matahari, ataupun dengan keadaan perubahan cuaca, air panas, ataupun penggunaan kosmetik dapat memperparah pada kondisi ini.

  • Kulit Berminyak

Kulit yang berminyak dapat berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada beberapa hal seperti stres, kelembapan, keseimbangan hormon dan pubertas.

Pada jenis kulit berminyak ini, banyak kasus yang dapat menimbulkan komedo dan jerawat. Hal ini karena banyaknya kandungan kelenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan.

Namun, akibat dari lingkungan yang kotor dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah menangkap kotoran dan debu dibandingkan jenis kulit yang kering.

Meski berminyak, jenis kulit ini memerlukan moisturizer (pelembap) ringan, terutama setelah penggunaan produk yang membuat kulit kering. Selain itu, gunakan lotion dengan kandungan air yang lebih tinggi dibandingkan dengan krim, sehingga tidak akan beresiko memicu jerawat.

  • Kulit Normal

Jenis kulit yang disebut normal ketika kondisinya tidak terlalu berminyak ataupun terlalu kering, lebih sedikit masalah, pori-pori nyaris tidak terlihat, serta tidak sensitif berlebihan.

Perlindungan untuk kulit normal, anda cukup mengoleskan pelembab saja sepanjang hari. Untuk merawat kulit normal cukup mudah, anda hanya perlu memilih moisturizer berbahan dasar air yang terasa ringan dan tidak lengket.

  • Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang bereaksi secara berlebihan pada faktor lingkungan. Pada jenis kulit sensitif ini akan sangat berlebihan pada saat memakai kosmetik, sabun, sampo, atau lotion tabir surya.

Kondisi kulit sensitif akan memburuk jika sampai terpapar udara yang kering dan dingin. Meski gejala iritasi pada kulit tidak selalu terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat atau sensasi kulit kencang umumnya selalu ada.

Memiliki kulit yang halus dan bersih tentu menjadi dambaan setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kulit yang halus mulus tersebut. Kulit wajah maupun kulit tubuh yang awalnya halus seringkali juga dapat berubah menjadi kasar dan tidak sehat.

Untuk mempunyai keadaan kulit wajah yang halus, sebenarnya masih banyak jalan yang dapat ditempuh. Biasanya cara menghaluskan kulit seperti itu menggunakan teknologi dermatologi yang cukup canggih. Namun, tidak semua orang yang cocok menggunakan cara yang modern.

Banyak orang yang berpendapat bahwa dengan menggunakan cara yang modern biasanya menggunakan banyak bahan-bahan kimia. Berbeda dengan cara menghaluskan kulit dengan modern, menggunakan bahan alami dipercaya tidak akan menimbulkan efek samping apapun yang membahayakan kesehatan kulit.

Karena itulah, cara menghaluskan kulit dengan bahan alami dinilai lebih aman untuk menghaluskan kulit yang kasar, kering maupun rusak. Cara ini juga dapat menghaluskan kulit pada bagian tubuh yang lainnya.

Cara Menghaluskan Kulit Dengan Bahan-Bahan Alami

Dibawah ini adalah beberapa macam bahan alami yang dapat digunakan sebagai bahan untuk menghaluskeun kulit beserta dengan cara penggunaanya. Sebagian besar bahan alami dibawah ini sangat mudah ditemui dilingkungan kita sehari-hari. Berikut ini adalah ulasannya :

1. Air Mineral – Mengatasi Kulit Wajah Yang Kasar

Meminum air mineral 8-10 gelas dipercaya dapat membantu mengeluarkan zat limbah dari dalam tubuh. Selain itu, dengan selalu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh, maka kulit dapat terhindar dari dehidrasi.

Tubuh yang kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi dehidrasi. Akibatnya, kulit akan menjadi kering dan terlihat kusam. Oleh karena itu, jika anda ingin memiliki kulit yang halus dan bercahaya, cara paling mudah menghaluskan kulit ialah dengan cukup mengkonsumsi air mineral setiap hari.

2. Madu Dan Telur

Madu memiliki kandungan mineral, antioksidan, dan vitamin yang diperkaya dapat membantu proses regenerasi sel kulit. Sedangkan putih telur ternyata banyak mengandung protein yang baik untuk membantu merangsang pembentukan kolagen serta dapat membantu mengencangkan kulit yang mulai mengendur.

Campuran dari madu dan telur ternyata sangat efektif untuk menghaluskan kulit. Caranya, sediakan telur ayam kampung, ambil putih telur secukupnya. Lalu, kocok dan campurkan 1-2 sdm madu hingga tercampur rata.

Kemudian bersihkan dan basuh kulit yang hendak dihaluskan. Kemudian oleskan campuran madu dan putih telur tadi secara merata. Diamkan beberapa menit hingga mengering. Terakhir bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Scrub Kopi

Kopi yang dicampur dengan minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai bahan menghaluskan kulit dengan cepat. Sediakan 2 sdm kopi, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm gula pasir.

Campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Bersihkan kulit yang kasar, gunakan campuran kopi dan minyak zaitun tadi pada kulit dengan gerakan memutar. Lakukan selama kurang lebih 10-15 detik agar zat-zat dalam scrub meresap ke dalam kulit.

Scrub yang dihasilkan dari campuran minyak zaitun, kopi ini efektif sekali untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat membantu menghaluskan kulit yang kasar.

Scrub untuk menghaluskan kulit tidak selalu harus mahal. Dengan bahan alami dan biaya terjangkau anda juga sudah bisa membuat scrub sendiri untuk menghaluskan kulit yang kasar dan kering.

4. Tepung Beras

Cara menghaluskan kulit selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan alami yang dihasilkan dari tepung beras. Caranya, siapkan tepung beras dengan kualitas baik. Ambil secukupnya, lalu beri air hangat hingga membentuk krim pasta.

Bersihkan kulit dan basuh menggunakan air hangat untuk membantu membuka pori-porinya dalam kulit. Kemudian, aplikasikan krim tepung beras tadi pada kulit yang hendak dihaluskan. Selanjutnya, diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

Tepung beras mengandung butiran halus yang bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit yang kasar. Selain itu, tepung beras juga efektif membatu untuk memutihkan permukaan kulit.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *