Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Obat Kanker

Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Obat KankerCara Mengolah Daun Kenikir Untuk Obat Kanker  –  Kenikir merupakan sayuran yang mudah didapat disekitar kita, terutama yang hidup didaerah pedesaan. Namun, untuk anda yang tinggal diperkotaan tidak perlu khawatir kesulitan untuk menemukan sayuran kenikir ini.

Karena sayuran satu ini dijual dipasar-pasar dan sudah banyak petani yang membudidayakan tanaman kenikir ini untuk dikonsumsi sendiri maupun dijual. Kenikir sebagai tumbuhan tropis berasal dari Amerika Tengah, dan banyak tumbuh didaerah Florida, di Indonesia serta negara-negara di Asia Tenggara.

Kenikir adalah jenis tumbuhan tahunan yang batangnya memiliki ciri seperti pipa dengan garis-garis membujur serta berbulu halus. Tinggi dari tanaman kenikir bisa mencapai 1 meter, dengan daunnya bertangkai panjang, posisi duduk daun yang berhadapan, sehingga terbagi menyirip jadi 2-3 tangkai.

Bunga dari tanaman kenikir tersusun di bagian bongkol ujung batang serta ketiak-ketiak daun teratas, berwarna orange, berbintik kuning dibagian tengahnya dengan biji berbentuk paruh. Tumbuhan kenikir biasanya tumbuh pada saat iklim panas yang tak begitu lembab, tanah yang paling cocok pun adalah tanah berpasir subur, terbuka dengan menyukai penyinaran matahari penuh.

Kandungan Yang Ada Dalam Kenikir

Zat-zat yang terkandung didalam daun kenikir antara lain yaitu : Antioksidan, saponin, lemak, protein, karbohidrat, mineral, magnesium, kalsium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, tokofenol, terpenoid, senyawa quercetin sebagai penambah nafsu makan.

Bagaimana Daun Kenikir Dapat Membunuh Kanker ?

Daun kenikir (artemisinin) akan mengikat dengan kandungan iron dalam suatu sel sehingga menyebabkan radikal bebas yang berakibat sel menjadi mati. Nah, sel kanker memiliki kandungan iron yang tinggi sehingga artesiminin akan hanya membunuh sel dengan iron tinggi sehinga artemisinin akan hanya membunuh sel dengan iron tinggi (sel kanker saja) tanpa merusak sel baik lainnya.

Kandungan dari flavonoid, saponin, terpenoid, antioksidan didalam daun kenikir dapat dimanfaatkan sebagai konstituen untuk melawan sel melanoma. Oleh sebab itu kenikir bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk melawan kanker seperti, kanker payudara, kanker hati, kanker perut.

Dengan memanfaatkan daun kenikir, supaya bisa digunakan untuk menanggulangi dan mengatasi penyakit kanker cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun kenikir sesering mungkin secara teratur. Air ramuan daun kenikir berfungsi sebagai pelarut zat hingga dapat dengan mudah dibawa oleh aliran darah.

Manfaat Daun Kenikir Bisa Menjadi Obat Untuk Penyakit Lain, Seperti :

1. Obat Maag

Daun kenikir terdapat kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini seperti otot sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Cara mengkonsumsi daun kenikir, dilakukan dengan cara merebusnya dan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.

2. Obat Lemah Jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Kandungan senyawa flavonoid ini bisa memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Lakukan dengan merebus 5 lembar daun kenikir dengan 250 ml air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.

3. Obat Gondongan

Daun kenikir juga digunakan sebagai obat gondongan. Cara membuat obat daun kenikir ini yaitu menumbuk daun kenikir hingga halus. Setelah halus kemudian dicampur dengan cuka, dan dioleskan pada bagian yang sakit 3 kali dalam sehari. Daun kenikir yang didalamnya terdapat senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat meredakan peradangan akibat gondongan.

4. Obat Payudara Bengkak

Daun kenikir bermanfaat untuk pengobatan payudara yang bengkak akibat terus menerus mengeluarkan ASI. Cara pembuatannya yaitu dengan mengambil beberapa helai daun kenikir, lalu bakar hingga layu, setelah itu usapkan ke sekitar payudara selagi hangat. Pengobatan dilakukan 3 kali sehari. Kandungan senyawa terpenoid dan anti-inflamasi yang dimilikinya akan meredakan pembengkakan yang terjadi.

5. Obat Cuci Darah

Didalam daun kenikir mengandung manfaat seperti vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa darah. Jika dikonsumsi teratur, akan membersihkan darah dari racun yang tidak sengaja masuk dalam tubuh.

6. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kandungan manfaat vitamin A dan E didalam daun kenikir mampu memperbaiki sistem imun tubuh. Kandungan dalam kenikir juga membantu pembentukan fagosit untuk imun tubuh. Kemudian manfaat vitamin C mampu meningkatkan metabolisme tubuh, seperti yang terdapat dalam manfaat buah-buahan.

7. Menguatkan Tulang

Daun kenikir dapat bermanfaat untuk menguatkan tulang. Kenikir mengandung mineral, kalsium dan magnesium yang tinggi untuk membantu pertumbuhan tulang, serta dapat dikonsumsi secara langsung dalam bentuk lalapan atau meminum air rebusan kenikir yang dicampur dengan madu.

8. Penambah Nafsu Makan

Daun kenikir berfungsi sebagai obat penambah nafsu makan, karena kenikir memiliki kandungan senyawa Kuersetin yang dapat meningkatkan nafsu makan, terutama pada anak-anak. Daun kenikir bisa diolah sebagai makanan lalapan yang dikonsumsi 3 kali dalam seminggu. Kenikir juga baik digunakan untuk menambah nafsu makan seseorang setelah melakukan operasi tertentu untuk mengembalikan stamina tubuhnya kembali.

9. Mengatasi Bau Mulut

Daun kenikir terdapat kandungan koniferil alkohol yang berfungsi membunuh bakteri dan kuman yang ikut terbawa dalam makanan. Kandungan dari senyawa koniferol ini akan membersihkan area lidah dan air ludah dari bakteri penyebab bau mulut.

10. Menambah Stamina Tubuh

Meminum air rebusan daun kenikir bisa membangkitkan stamina anda kembali. Tidak perlu lagi mengkonsumsi minuman suplemen yang justru memiliki efek samping yang cukup bahaya. Jadi anda bisa menggantinya hanya dengan minum air rebusan dari daun kenikir saja.

Efek Samping Penggunaan Daun Kenikir

Beberapa gejala bisa ditimbulkan akibat dari memakan atau meminum daun kenikir. Tetapi, efek ini bisa dicegah dengan cara mencicip dulu daunnya sekali makan. Jika dalam 1 jam tidak ada reaksi apa-apa dari tubuh, artinya tubuh bisa menerima daun dari tanaman herbal ini. Berikut ciri-cirinya seperti :

  • Bersin-bersin.
  • Edama Kulit.
  • Muntah.
  • Mual.
  • Diare.

Manfaat dan khasiat daun kenikir diatas layaknya dimanfaatkan dari sekarang. Tidak hanya sekedar untuk pengobatan, tetapi juga untuk pencegahan beragam penyakit, terutama ” Penyakit Kanker “.

Cara Mengolah Daun Kenikir Untuk Obat Kanker

  • Pertama sediakan daun kenikir.
  • Kemudian cuci atau bersihkan daun kenikir.
  • Lalu rebus daun kenikir dalam air yang mendidih.
  • Tunggu hingga air rebusan berkurang setengahnya.
  • Barulah minum air rebusan daun kenikir ketika sudah hangat.

Begitulah cara mengolah daun kenikir untuk dijadikan sebagai obat kanker. Meskipun sering dipandang tanaman ini hanya tumbuhan yang liar belaka, namun kenikir ini adalah jenis obat herbal yang terkenal sejak dulu dan masih dimanfaatkan hingga sekarang.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan digunakan untuk sarana pengobatan. Terimakasih, salam sehat!

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *