Cara Mengolah Daun Sirsak Obati Kelenjar Getah Bening

Cara Mengolah Daun Sirsak Obati Kelenjar Getah BeningCara Mengolah Daun Sirsak Obati Kelenjar Getah BeningKelenjar getah bening adalah sebuah jaringan berbentuk oval didalam tubuh yang bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut sebagai getah bening (Limfosit).

Getah bening ini berfungsi dalam pengeluaran sel-sel mati dan yang paling utama adalah sebagai alat pertahanan terhadap infeksi tubuh.

Kelenjar getah bening merupakan bagian dari sistem imun dalam tubuh yang terdapat dibagian bawah rahang, ketiak dan pangkal paha. Kelenjar getah bening menyimpan peran sebagai penangkal untuk melawan bakteri, infeksi dan virus yang menyerang tubuh.

Penyebab Kelenjar Getah Bening

Infeksi bakteri (virus) yang termasuk ringan merupakan faktor yang paling sering menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Beberapa contoh infeksi ringan tersebut adalah demam kelenjar, filek, infeksi tenggorokan, radang amandel, infeksi gigi, infeksi telinga dan infeksi kulit (Selulitis).

Kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan terjadi akibat infeksi-infeksi yang biasanya disertai rasa sakit. Pembengkakan kelenjar getah bening juga biasanya hanya terjadi pada kelenjar yang lokasinya berdekatan dengan lokasi infeksi dan sangat jarang terjadi diseluruh tubuh.

Penyakit kanker ini dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita terutama ketika berada di usia 50 tahun ke atas. Tidak menutup kemungkinan juga, penyakit ini menyerang orang-orang yang berada pada usia 50 tahun ke bawah.

Pembengkakan kelenjar getah bening disebabkan berbagai macam hal. Seperti, infeksi ringan sampai penyakit kronis seperti kanker getah bening. Berikut ini hal yang dapat memicu kondisi anda.

1. Infeksi Telinga

Biasanya, pembengkakan kelenjar getah bening diarea kepala dan leher menandakan infeksi telinga. Infeksi telinga disebabkan oleh alergi atau infeksi pada saluran pernapasan bagian atas.

2. Infeksi Virus

Banyak jenis-jenis virus yang bisa menyerang tubuh dan menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Berikut ini jenis-jenis virus yang menyebabkan pembengkakan kelenjar limfa :

  • Varicella-zoster.
  • Rubeola.
  • HIV.
  • Herpes simplex.
  • Flu.

3. Infeksi Bakteri

  • Streptococcus yaitu bakteri penyebab penyakit radang tenggorokan atau pembengkakan amandel.
  • Staphylococcus yaitu bakteri penyebab keracunan makanan, toxic shock syndrom, atau mastitis.
  • Mycobacterium yaitu bakteri yang mengakibatkan penyakit tuberkulosis.

4. Infeksi HIV/AIDS

Virus ini kadang menunjukkan gejala apapun pada penderitanya, sehingga anda bisa saja terlambat mendiagnosisnya. Jika sampai terlambat mendeteksi penyakit ini bisa berakibat sangat fatal.

5. Infeksi Gigi

Infeksi pada area gusi gigi bisa menunjukkan gejala seperti pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi gigi disebabkan oleh abses gigi, yaitu penumpukan nanah karena bakteri.

6. Mononukleosis

Kelenjar limfa yang membengkak dileher dan ketiak bisa menandakan mononukleosis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus yang menyebar melalui air liur ini membuat penderitanya sakit tenggorokan, demam, lemas, gatal-gatal, sakit kuning, mimisan, hingga sesak napas.

7. Infeksi Kulit

Jenis-jenis penyakit kulit akan membuat kelenjar limfa anda membengkak. Apalagi kalau anda mengalami gejala-gejala seperti munculnya ruam, kulit jadi kemerahan, terasa perih atau panas, dan gatal-gatal.

Berikut ini beberapa jenis penyakit kulit yang mungkin ditandai dengan bengkaknya kelenjar limfa.

  • Eksim, terutama pada bayi dan anak-anak.
  • Dermatitis kontak.
  • Abses kulit (kulit bernanah) akibat infeksi bakteri.
  • Kutu rambut yang bersarang dikulit kepala.

8. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah jenis penyakit yang cukup umum. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Mulai dari infeksi virus, infeksi bakteri, alergi, iritasi pada tenggorokan, pembengkakan amandel, atau cedera (trauma) tertentu pada bagian leher dan tenggorokan.

9. Gangguan Sistem Imun

Gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh anda bisa membuat anda lebih lemah dan rentan terserang penyakit. Pasalnya, sistem yang bertugas untuk mempertahankan diri dari ancaman penyakit sudah melemah atau terganggu.

Kebanyakan, gangguan sistem imun sering menyerang orang yang punya penyakit autoimun. Misalnya, penyakit reumatik dan lupus. Gejalanya antara lain adalah pembengkakan kelenjar limfa dan badan lemas.

10. Kanker

Beberapa jenis kanker yang menunjukkan gejala pembengkakan kelenjar limfa antara lain kanker kulit, kanker payudara, leukimia, kanker paru, kanker perut, kanker getah bening limfoma Hodgkin, serta kanker getah bening limfoma non-Hodgkin.

Mengobati Kelenjar Getah Bening Dengan Daun Sirsak

Daun sirsak jenis tanaman obat yang mudah ditemukan disekitar kita sehingga menjadi obat alami yang bisa dibilang murah.

Namun, dibalik itu semua ternyata daun sirsak memiliki segudang manfaat yang baik karena memiliki khasiat luar bisa untuk mencegah dan mengobati penyakit infeksi, peradangan hingga penyakit kronis tumor dan kanker.

Daun sirsak terdapat kandungan Acetogenins yang berasal dari asam lemak rantai panjang , daun sirsak memiliki aksi langsung pada mitokondria, ATP, retikuler aparatur dari goldi dan membran plasma dan sel kanker yang dapat menghancurkan berbagai sel kanker lainnya termasuk penyakit kanker kelenjar getah bening tanpa merusak sel sehat dan jaringan.

Kandungan acetogenins inilah yang memiliki peranan penting dalam proses pengobatan berbagai jenis penyakit kanker yang ada didalam tubuh, dengan cara penghancuran sel kanker secara alami.

Daun sirsak juga mengandung Bullatacin, Beta-sitosterol, campesterol, asam miristat, asam stearat, stigmasterol, asam amino, vitamin dan mineral yang bekerja pada enzimatik dan molekuler.

Cara Mengolah Daun Sirsak Obati Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening akan membengkak yang memberikan tanda ketika terjadinya infeksi. Jika infeksi tersebut mereda, kelenjar getah bening akan kempis kembali dengan sendirinya. Meski begitu, anda tentu harus mewaspadai gangguan seperti ini.

Daun sirsak telah dipercaya memiliki kemampuan untuk mampu membunuh sel kanker. Bahkan kekuatannya dapat 10.000 kali lipat ampuh jika dibandingkan dengan kemoterapi. Dan hal itu karena didalam daun sirsak terkandung zat Acetogenins yang berkhasiat untuk pengobatan seperti kelenjar getah bening. Sehingga daun sirsak sangat dianjurkan untuk anda gunakan sebagai obat alami saat ini.

Untuk caranya, ikuti seperti cara dibawah ini :

  • Sediakan 10-15 helai daun sirsak sedang yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.
  • Sediakan pula 3 gelas air bersih atau 600 ml.
  • Cuci bersih daun sirsak terlebih dahulu.
  • Kemudian, rebus daun sirsak tersebut dengan air 600 ml tadi.
  • Tunggu beberapa saat hingga air mendidih dan menyisakan untuk segelas saja.
  • Jika sudah, angkat dan saring lalu masukan ramuan daun sirsak kedalam gelas.
  • Minum ramuan daun sirsak ini secara rutin 2-3 kali sehari selagi masih hangat.

Itulah sekilas artikel mengenai cara mengobati penyakit kelenjar getah bening menggunakan cara alami dengan memanfaatkan daun sirsak. Berikut dengan cara pengolahan daun sirsak menjadi ramuan alami untuk pengobatan kelenjar getah bening anda. Semoga bermanfaat.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *