Harga Obat Ambeien Di Apotik

Harga Obat Ambeien Di Apotik

Harga Obat Ambeien Di Apotik

Apakah anda mengalami susah BAB sampai mengalami pendarahan ?

Apakah disekitar anus anda terdapat benjolan ?

Pengertian Penyakit Ambeien (Hemoroid)

Penyakit ambeien adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah yang terdapat dibagian bawah poros usus, baik disebelah dalam maupun disebelah luar lubang anus.

Gejala dari penyakit ambeien ini sekilas mirip dengan bisul yang berwarna merah kebiruan. Penyakit ambeien terjadi karena kurangnya mengkonsumsi serat pada makanan sehari-hari.

Selain itu, ambeien juga bisa disebabkan karena kebiasaan duduk yang terlalu lama, sehingga aliran darah dibagian anus tertekan dan menyebabkan penebalan jaringan mati disekitar anus.

Mengenal Ciri-ciri Dan Gejala Ambeien Berdasarkan Jenisnya :

Ciri-Ciri Dan Gejala Ambeien Di Dalam

Pada gejala ambeien dalam, umumnya tidak terasa sakit, karena hanya ada sedikit saraf nyeri disana. Jika pembuluh darah ada yang sampai pecah karena rapuh, maka pendarahan adalah satu-satunya gejala yang dapat kita amati ketika buang air besar.

Ketika sudah berukuran besar, maka ambeien bisa menonjol keluar dan terasa mengganjal. Tingkat keparahan gejala akan sesuai dengan derajatnya.

Berikut ini adalah gejala ambeien didalam yang kerap kali dirasakan :

  • BAB Berdarah

Jika anda mengalami BAB sampai berdarah, maka salah satu penyebabnya adalah ambeien. Darah yang keluar pun akan berwarna merah terang.

  • Prolaps 

Ambeien akan mengalami prolaps (benjolan yang keluar melewati liang anus), yang mengharuskan penderita menekan prolaps tersebut agar kembali masuk. Namun, untuk tahap awal, prolaps akan masuk dengan sendirinya.

  • Gatal Pada Rektum

Adanya rasa gatal baik pada rektum atau di anus bagian dalam adalah salah satu gejala ambeien yang paling umum dan menjengkelkan. Selain mengganggu, kondisi ini juga bisa beresiko menyebabkan infeksi jika kulit pecah akibat garukan.

  • Pembengkakan

Banyak penderita ambeien mengalami pembengkakan didaerah anus yang terjadi karena adanya gesekan dan iritasi pada jaringan prolaps.

√ Ciri-Ciri Gejala Ambeien Di Luar

Pada ambeien luar, pembuluh darah yang mengalami pelebaran berada dibawah kulit disekitar anus, dimana ada lebih banyak saraf sehingga akan sangat terasa sakit.

Rasa sakit merupakan gejala ambeien luar yang lebih menonjol dibandingkan dengan pendarahan. Secara lebih rinci, berikut ini adalah ciri-ciri dari gejala ambeien luar, seperti :

  • Sakit disekitar anus.
  • Gatal disekitar anus atau daerah dubur.
  • Benjolan didekat atau disekitar anus.
  • Buang air besar disertai dengan darah.

Pembekuan darah bisa terbentuk pada ambeien luar, warnanya pun akan berubah menjadi ungu atau biru. Hal ini yang disebut dengan trombosis.

Ambeien luar, terdapat benjolan anus yang bengkak dan nyeri, jika terjadi komplikasi bisa menimbulkan trombosis vena yang sangat nyeri dan membutuhkan tindakan operatif.

Kategori Gejala Ambeien Ada Beberapa Tingkatan, Yaitu :

Gejala ambeien dalam, dikategorikan menjadi 4 tingkatan dengan keluhan yang berbeda dan penanganan yang masih bisa dilakukan pada tiap tingkatan tahap gejala, seperti :

  • Stage 1

BAB disertai dengan tetesan darah merah segar. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil. Penanganan bisa dilakukan hanya memberikan pola makan sehat dan obat topikal, suppositoria maupun minum yang banyak.

  • Stage 2

Terdapat benjolan yang keluar tiap BAB. Namun, bisa masuk kembali dengan sendirinya setiap berhenti mengejan tanpa tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan memberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan dan perubahan pola makan serta hidup sehat.

  • Stage 3

Benjolan akan keluar saat mengejan dan membutuhkan tindakan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk dengan sendirinya. Terdapat rasa nyeri ketika mengejan, saat duduk, dll.

  • Stage 4

Terdapat benjolan keluar, nyeri yang sangat dan berdarah secara terus menerus, dengan kondisi benjolan tidak bisa didorong kembali. Gejala tersebut harus dibantu dengan penanganan medis.

Penyebab Kemunculan Ambeien (Hemoroid)

Disekitar rektum dan anus kita terdapat pembuluh darah yang fungsinya menyediakan darah ke dinding dan otot sekitar area tersebut. Karena kondisi pembuluh darah menjadi lemah, maka aliran darah yang tersedia pun tidak tersalurkan dengan lancar.

Kondisi ini memicu penumpukan pembuluh darah dan keadaan inilah yang biasanya menimbulkan bengkak serta rasa sakit. Kita sering menyebutnya dengan istilah Ambeien (Hemoroid).

Penyebab dari ambeien ini karena meningkatnya tekanan darah diarea anus dan rektum yang disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besar.

Konstipasi (susah buang air besar) menjadi penyebab utama dari seseorang melakukan mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat didalam makanan.

Hal yang bisa meningkatkan resiko anda terkena Ambeien (hemoroid), antara lain :

Gejala ambeien disebabkan karena sering mengejan terlalu keras saat BAB. Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus membuat pembuluh darah dalam anus akan mengalami pembengkakan.

Beberapa penyebab ambeien yang mungkin tidak pernah anda sadari, seperti :

1. Sembelit Kronis

Sembelit terjadi karena feses yang mengeras, yang membuat anda harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra saat mengejan akhirnya dapat memicu terjadinya bengkak ambeien.

2. Kehamilan

Bagi wanita yang sedang hamil, seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan didaerah anus.

3. Duduk Terlalu Lama

Duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab ambeien, sebab pembuluh darah disekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah menjadi bengkak.

4. Mengangkat Benda-Benda Berat

Berulang kali mengangkat benda yang berat, akan mengakibatkan terjadinya ambeien. Karena, terjadi penumpukan tekanan pada bagian rektum, akan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

5. Usia

Kondisi tubuh yang semakin tua secara alami akan menyebabkan jaringan pembuluh darah disekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan menjadi bengkak.

Cara Mengobati Ambeien

Jangan terburu-buru untuk menghilangkan ambeien dengan cara operasi. Ada beberapa macam obat yang dapat digunakan untuk mengobati ambeien dengan cepat. Simak saja langsung penjelasan berikut ini.

1. Ambeven

Ambeven merupakan obat ambeien yang terjual diapotik dengan harga paling murah. Harga obat ambeven diapotik sebesar Rp. 18.900,00 per strip. Obat ambeien ini dapat anda beli secara bebas tanpa resep dokter.

  • Indikasi : membantu meringankan gejala ambeien.
  • Perhatian : simpan dibawah suhu 30 derajat.
  • Efek samping : gangguan saluran cerna, namun sangat jarang terjadi
  • Dosis : dewasa 2 tablet 3x sehari, anak-anak 1 tablet 3x sehari
  • Anjuran pakai : Dikonsumsi setelah makan.

2. Venarondium

Obat untuk mengatasi masalah ambeien berikutnya adalah venaron. Venaron dapat anda beli diapotik dengan harga sekitar Rp.36.000 per strip.

Harga tersebut bisa berbeda-beda disetiap apotik. Selain ampuh untuk mengatasi gejala ambeien, venaron juga dapat mengatasi masalah varises.

  • Indikasi : mengatasi gejala ambeien serta varises.
  • Perhatian : simpan dibawah suhu 30 derajat.
  • Efek samping : gangguan saluran cerna.
  • Anjuran pakai : lakukan setelah makan.
  • Kemasan : 10 tablet/strip

3. Ardium

Obat untuk mengatasi masalah ambeien selanjutnya adalah obat ardium. Harga obat ini kurang lebihnya seharga Rp. 10.000 per tablet.

  • Indikasi : mengatasi edema tungkai, varises dan ambeien.
  • Efek samping : tidak ada.
  • Dosis : nyeri tungkai (suku) dan varises dikonsumsi 1 kali sehari 1 tablet.
  • Untuk wasir cukup dengan mengkonsumsi 3 tablet selama 4 hari dan dilanjutkan 4 tablet dikonsumsi selama 3 hari.
  • Anjuran penggunaan : dikonsumsi setelah makan.

4. Lenaven

Lenaven menjadi salah satu obat yang dapat membantu mengatasi masalah ambeien. Selain itu, lenaven juga bisa anda beli diapotik terdekat tanpa resep dokter dengan harga Rp. 92.000 per strip.

  • Hindari penggunaan Lanaven untuk jangka waktu yang panjang.
  • Indikasi : meringankan gejala ambeien dan varises.
  • Efek samping : gangguan saluran cerna namun sangat jarang sekali terjadi.
  • Anjuran Penggunaan : dikonsumsi 1-2 kapsul 3x sehari setelah makan.

5. Veridin

Veridin merupakan tablet atau kapsul yang dapat mengatasi masalah ambeien. Obat veridin tablet dapat anda beli seharga Rp. 49.000 per strip.

Veridin tablet sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Veridin juga dapat membantu mengatasi nyeri dan kram.

6. Mediven

Mediven adalah obat untuk atasi masalah ambeien yang dapat ana beli diapotek terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter. Harga obat mediven diapotik sebesar Rp.15.400,00 per strip. Selain dapat mengatasi masalah ambeien, obat ini dapat membantu melancarkan buang air besar.

  • Indikasi : mengatasi gejala ambeien, melancarkan buang air besar, mengurangi rasa nyeri akibat pendarahan pasca ambeien.
  • Perhatian : selama pengobatan tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan pedas, daging kambing dan makanan yang bersifat asam (misalkan salak) karena dapat membuat BAB menjadi tidak lancar kembali.
  • Efek samping : gangguan saluran cerna
  • Dosis : anak-anak dibawah 12 tahun 3x sehari 1 kapsul, orang dewasa 3x sehari 2 kapsul.
  • Anjuran penggunaan : disarankan untuk mengkonsumsinya dibarengi dengan makanan.

7. Salep Haemocaine

Salep Haemocaine adalah obat yang digunakan untuk mengobati ambeien akut, fisura anus, dan proctitis. Salep Haemocaine mengandung hydrocortisone, obat yang termasuk kortikosteroid.

Berikut ini adalah informasi lengkap Salep Haemocaine yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama.

Salep Haemocaine adalah obat ambeien yang digunakan dengan cara diaplikasikan secara langsung pada benjolan yang terdapat dianus. Salep ini dapat diaplikasikan pada ambeien yang berada didalam maupun diluar anus.

Obat ini dapat digunakan untuk ambeien yang sudah akut, namun untuk orang yang menderita hipersensitif terhadap obat kortikosteroid sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini.

Pantangan Penyakit Ambeien Dan Tips Mengatasinya

Apabila anda sedang menderita penyakit ambeien, ada beberapa pantangan untuk penyakit wasir/ambeien dan beberapa hal yang boleh dilakukan berguna untuk meredakan nyeri ambeien dan mempercepat penyembuhan. Seperti :

  • Makanan

Makanan yang mengandung tidak memiliki serat dapat menyebabkan sembelit hingga menjadi ambeien. Jadi, sebaiknya batasilah makanan-makanan seperti roti putih, produk olahan susu, daging, daging olahan, karbohidrat olahan, makanan olahan, makanan beku, dan makanan cepat saji.

Awasi pula jumlah garam yang masuk kedalam tubuh dan hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, makanan pedas, dan buah sitrus.

Penderita ambeien disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat seperti kacang-kacangan (kacang hitam, kacang merah), alpukat, gandum utuh, brokoli, pisang, apel, buah pir, dan oatmeal.

Saat sarapan atau makan siang, cobalah mengkonsumsi campuran satu sendok makan minyak mineral dengan selai apel atau yogurt agar tinja bisa keluar dengan lebih mudah. Tapi, jangan terus menerus melakukan hal ini.

Makanan Saat Ambeien Harus Kaya Akan Serat

Makanan yang kaya akan serat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ada 2 jenis serat yang perlu anda ketahui, yaitu :

1. Serat Larut

Serat ini mempunyai ciri-ciri yang lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Ini akan membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengkonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

Oleh sebab itu, makanan yang mengandung banyak serat seperti ini, dapat mengurangi sembelit yang dirasakan dan mengurangi iritasi yang terjadi ketika buang air besar.

2. Serat Tidak Larut

Serat ini memiliki bentuk yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Ini akan membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebab perut anda akan merasa penuh dan lebih mudah untuk buang gas. Oleh karena itu, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak cairan menyeimbangkan serat tersebut.

Selanjutnya

  • Jangan Menunda Buang Air Besar

Ketika perut sudah meronta dan hasrat sudah ingin untuk mengeluarkan isi perut, segeralah ke kamar mandi atau toilet.

Menunda buang air besar sampai pekerjaan kita selesai merupakan pantangan bagi penyakit ambeien. Kondisi tersebut akan mengakibatkan sembelit yang parah dan akhirnya memperburuk gejala ambeien.

  • Mengangkat Kaki

Jika menggunakan toilet duduk, angkat kaki sedikit atau memijakan kaki diatas bangku kecil. Posisi ini akan membuat posisi rektum berubah, hingga memungkinkan tinja keluar dengan lebih mudah.

  • Jangan Mengejan

Pantangan penyakit ambeien selanjutnya adalah mengejan. Mengejan memberi lebih banyak tekanan pada pembuluh darah di rektum, dimana itu merupakan salah satu penyebab paling umum dari ambeien.

Tak hanya mengejan ketika buang air besar. Meningkatnya tekanan pada pembuluh darah juga bisa disebabkan karena mengangkat benda terlalu berat, batuk kronis, atau bahkan kehamilan.

  • Jangan Berlama-Lama Di Kamar Mandi

Jangan coba-coba membawa buku, handphone atau tablet ke kamar mandi ketika buang air besar, karena benda-benda tersebut bisa membuat kita betah duduk di toilet.

Semakin lama kita diam di toilet, semakin besar juga resiko tekanan pada pembuluh darah. Resiko tersebut bahkan menjadi lebih besar jika kita menggunakan toilet duduk.

Bila dibiarkan dan tidak segera diobati, ambeien bisa memicu komplikasi lebih lanjut yang menyebabkan penderitanya kehilangan banyak darah. Penderita juga akan mengalami strangulata, yaitu penonjolan ambeien yang terjepit dan suplai darah ke ambeien internal terputus.

Komplikasi ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Komplikasi ambeien lainnya yang mungkin terjadi adalah tidak berfungsinya jaringan disekitar dubur (nekrosis) hingga beresiko terjadinya kanker anal (dubur) serta kolorektal.

Dengan pengobatan medis dan beberapa langkah diatas, ambeien bisa anda sembuhkan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari solusi untuk penyembuhan ambeien. Semoga Lekas Sembuh, Salam Sehat !

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *