Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga (Hylocereus Undatus) adalah jenis buah tropical yang populer di kawasan Asia Tenggara dan merupakan keluarga tanaman kaktus (Cactaceae). Buah ini merupakan komunitas terbesar dari negara vietnam yang merupakan penghasil terbesar Buah Naga di kawasan Asia Tenggara.

Selain untuk menyegarkan dan rasanya yang enak, buah naga banyak mengandung Vitamin C dan dipercaya dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan.

Buah yang disebut dengan pitaya ini memiliki banyak nutrisi didalamnya seperti potasium, kalsium, air, serat, kalori dan sebagainya. Oleh karena itu, bukan hal mengherankan jika ada banyak manfaat buah naga untuk ibu hamil. Agar mendapat hasil yang maksimal dan tidak beresiko terburuk, prosedur dan dosis dari mengkonsumsi buah naga perlu diperhatikan juga.

Saat mengandung, seorang wanita tidak hanya bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan dirinya sendiri, namun harus bisa juga menjaga kesehatan janinnya. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah naga sangat disarankan selama masa kehamilan.

Buah naga mengandung beragam vitamin. Tidak mengejutkan, jika buah ini memiliki manfaat untuk kesehatan, karena kaya akan kandungan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Khasiat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang masih meragukan bahkan takut saat mengkonsumsi buah naga, padahal kandungan nutrisi dalam buah ini sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungannya. Berikut adalah manfaat buah naga untuk ibu hamil :

1. Sebagai Sumber Energi

Manfaat yang pertama adalah sebagai sumber energi untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Karena buah ini mengandung kalori 99 kcal sehingga akan aman dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Ibu hamil akan memperoleh asupan energi yang lebih aman dibanding mengkonsumsi makanan olahan lain yang belum tentu sehat bagi calon ibu dan bayinya.

Dalam 100 gram buah naga terdapat 9-14 gram karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi bagi wanita hamil. Seorang wanita yang sedang dalam keadaan hamil sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sebanyak 135 gram sehari sebagai sumber energi bagi tubuh dan janin.

2. Mengatasi Strech Mark Pada Perut

Strech mark merupakan masalah kulit yang sering muncul diarea perut ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan. Masalah kulit ini jika tidak teratasi akan terus meninggalkan bekas, bahkan ketika ibu hamil telah melahirkan. Karena itu, selain mengoleskan minyak khusus, anda juga bisa mengkonsumsi buah yang baik untuk menutrisi kulit, karena kandungan vitamin C didalamnya untuk mengatasi produksi kolagen.

3. Sebagai Sumber Asupan Untuk Pertumbuhan Janin

Buah naga sangat berguna bagi ibu hamil juga untuk bayi. Agar tumbuh dengan optimal, janin membutuhkan asupan mineral seperti yang terdapat dalam buah ini. Kemudian anda bisa membuat jus dari buah naga atau memakannya sebagai salad dengan buah-buahan lain yang baik untuk ibu hamil.

4. Meminimalisir Masalah Kulit Pada Kulit Kaki Selama Masa Kehamilan

Masalah lain yang sering dihadapi oleh ibu hamil adalah pembengkakan pada kaki, karena kondisi pada saat itu semakin menanggung beban yang berat pada masa kehamilan tersebut. Karena itu, anda bisa mengkonsumsi buah ini atau membuatnya menjadi produk luar untuk bengkak kaki pada calon ibu yang akan melahirkan.

5. Mencegah Bayi Lahir Prematur

Salah satu upaya untuk mencegah agar tidak terjadi kelahiran prematur adalah dengan mengkonsumsi buah naga. Seperti yang kita ketahui, kelahiran prematur sering ditakutkan para calon orang tua, karena dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu pada bayi. Karena itu, buah yang kaya akan asam folat ini akan sangat berguna untuk mengatasi resiko seperti ini.

6. Mengurangi Resiko Anemia Pada Ibu Hamil

Manfaat selanjutnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui adalah sebagai makanan alami untuk menghindari gangguan anemia yang sering melanda ibu hamil terutama diawal kehamilan. Untuk gejala Anemia atau kekurangan darah merupakan masalah kesehatan, karena gangguan dalam produksi sel darah merah. Untuk itu, nutrisi seperti zat besi dalam buah naga sangat diperlukan untuk gangguan kesehatan ini.

7. Membantu Perkembangan Indera Mata Pada Janin

Buah naga bagi ibu hamil juga penting sebagai asupan makanan sehat bagi bayi ketika telah memasuki masa perkembangan organ, khususnya organ mata. Karoten yang ada dalam buah naga tersebut akan mengoptimalkan perkembangan indera mata pada bayi.

8. Melancarkan Proses Pencernaan Selama Kehamilan

Kehamilan sering mempengaruhi kinerja metabolisme lain seperti pencernaan. Karena itu, agar sistem pencernaan dan organ pencernaan tetap bekerja maksimal, tubuh harus selalu mendapatkan asupan serat yang cukup. Serat dari buah naga juga akan menghindari sang ibu dari masalah pencernaan seperti sembelit.

9. Menjaga Kesehatan Jantung Pada Ibu Hamil

Perlu diketahui juga, organ jantung pada ibu hamil perlu untuk dipelihara kesehatannya. Caranya tidak hanya dengan berolahraga rutin sesuai yang dianjurkan, namun juga memakan makanan yang baik untuk jantung harus dikonsumsi pula seperti buah naga.

10. Membantu Fleksibilitas Otot Ketika Kontraksi

Selain rutin bergerak selama masa kehamilan, para ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan yang baik untuk mengoptimalkan fleksibilitas otot. Salah satunya adalah buah naga. Buah yang menyimpan kalsium ini juga berguna bagi tulang. Namun juga mengingkatkan fleksibilitas otot tubuh ketika kontraksi pada ibu hamil terjadi. Dengan demikian, resiko luka atau cedera pada ibu hamil bisa diminimalisir.

Sekian dari beberapa informasi mengenai khasiat dan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang bisa diuraikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *