Khasiat Dan Manfaat Tanaman Mangrove Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Mangrove Bagi KesehatanKhasiat Dan Manfaat Tanaman Mangrove Bagi Kesehatan –  Tanaman mangrove adalah tanaman pepohonan atau komunitas tanaman yang hidup diantara laut dan daratan yang dipengaruhi oleh pasang surut.

Habitat mangrove ditemukan ditempat pertemuan antara muara sungai dan air laut yang kemudian menjadi pelindung daratan dari gelombang laut yang besar. Sungai yang mengalirkan air tawar untuk mangrove dan pada saat pasang, pohon mangrove dikelilingi oleh air garam atau air payau.

Semua dari tanaman mangrove dapat dipakai untuk bahan pengawet dan obat-obatan. Macam-macam obat dapat dihasilkan dari tanaman mangrove. Campuran kulit batang beberapa species mangrove juga dapat dijadikan obat penyakit gatal atau peradangan pada kulit.

Secara tradisional, tanaman mangrove dipakai sebagai obat penawar gigitan ular, reumatik, gangguan alat pencernaan dan lainnya. Air buah dan kulit akar mangrove muda dapat pula dipakai untuk mengusir nyamuk. Daun mangrove bila dimasukan kedalam air bisa dipakai dalam penangkapan ikan sebagai bahan pembius yang dapat memabukkan ikan.

Tanaman mangrove dapat digunakan untuk melawan penyakit pencernaan seperti disentri, diare dan sakit gigi. Dapat juga digunakan untuk penyakit kulit seperti kusta, bahkan sampai berguna untuk memperlancar menstruasi.

Biasanya bagian dari tanaman yang digunakan adalah pada bagian akarnya, kulit kayu serta getahnya. Tetapi untuk buahnya pun dapat dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh juga.

Berikut adalah informasi dari manfaat tanaman mangrove yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh, antara lain :

1. Kulit kayunya direbus dengan air kemudian air rebusannya dapat digunakan sebagai obat pelangsing, anti mencret dan anti muntah. Bilamana cacahan kayunya ditempelkan pada luka, dapat menghentikan pendarahan. Lebih jauhnya, daun mudanya yang masih segar bilamana dikunyah dapat berguna sebagai homeostasi dan antiseptik.

2. Kulit kayunya bisa digunakan juga sebagai obat pelangsing.

3. Biji dari tanaman mangrove dapat digunakan untuk menyembuhkan diare dan kolera.

4. Asap dari pembakaran kayunya digunakan untuk mengobati penyakit kusta. Karena kayunya mempunyai sifat anti perut kembung dan mengurangi getah bening.

5. Air eksrtak dari daunnya digunakan untuk pencuci luka dan anti parasit pada kulit. Daun yang kering dan masih segar dapat melindungi luka dari infeksi. Daun mangrove yang direndam dalam air hangat bilamana digunakan pada kulit yang terluka akan mengurangi peradangan.

6. Air ekstrak dari akar yang dikeringkan digunakan untuk menyembuhkan filek, radang hati, pembengkakan hati, pembengkakan limpa dan luka trauma.

7. Batang, akar, dan daunnya berperan sebagai obat pencuci perut yang dapat mengurangi pengaruh penyakit gizi pada anak-anak.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman mangrove yang dapat mengungtungkan bagi kesehatan tubuh kita. Semoga artikel diatas bermanfaat dan dapat menjadi penambah wawasan anda. Terimakasih.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *