Manfaat Bawang Merah Untuk Mata Minus

Manfaat Bawang Merah Untuk Mata Minus

Manfaat Bawang Merah Untuk Mata Minus  – Bawang merah sejenis nama tanaman dari familia Alliaceae dan nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang merah sejenis tanaman semusim dan memiliki umbi yang berlapis. Bawang merah bukan jenis umbi sejati seperti kentang atau talas.

Bawang merah telah dimanfaatkan selama ribuan tahun dan muncul dalam satra Yunani serta berbagai sejarah. Bawang merah memiliki banyak kandungan flavonol dan senyawa polifenol. Selain itu, bawang merah juga mengandung serat makanan dan berbagai kandungan vitamin yang ada didalamnya.

Apa kandungan istimewa yang terdapat dari bawang merah ?

Kandungan yang ada pada bawang merah dan kaya mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, kalium dan seng dan nitrogen. Bawang merah juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, piridoksin, dan asam folat. Vitaminnya dapat menstimulasi reaksi dalam tubuh, sangat penting bagi fungsi tubuh, efektif dalam jumlah kecil tapi diperlukan.

Manfaat Bawang Merah Untuk Mata Minus

Meskipun bawang merah terkenal dengan sifatnya yang dapat memberikan sensasi perih dimata dan menyebabkan mata menangis, namun sebenarnya reaksi menangis atau mengeluarkan air mata akibat dari bawang merah tersebut bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mata anda. Secara tidak langsung, ketika air mata keluar, otomatis kotoran-kotoran yang ada didalam mata pun ikut keluar, karena bawang putih memiliki fungsi tertentu sebagai detoksifikasi dan pembersihan.

Bawang merah mengandung bahan kimia yang menyengat seperti flavonoid dan fenolik yang memiliki potensi besar terhadap antioksidan dan berfungsi sebagai anti-kanker, anti-kolesterol, serta anti-inflamasi. Bawang merah juga kaya sekali akan kandungan belerang, yaitu unsur penting dalam sintesis glutathione yang dapat berfungsi untuk melindungi lensa mata dari berbagai resiko kerusakan.

Anti-inlamasi ini juga didapatkan dari sejenis antioksidan bernama flavonoid yang disebut quercetin dan glukosa yang dapat membantu mencegah oksidasi yang bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata.

Selain anti-inflamasi, bawang merah juga memiliki efek anti-bakteri dan anti-jamur yang mengandung sifat obat atau disebut dengan Allicin. Sifat ini dapat digunakan untuk mengobati infeksi bakteri dan jamur seperti yang terjadi pada penyakit infeksi mata. Maka efek mengeluarkan air mata ketika mengiris bawang merah ini sangat membantu pelunturan bakteri atau jamur maupun parasit lainnya dari mata.

Manfaat bawang merah selain untuk menjaga kesehatan mata anda, dia juga bisa memberikan khasiat untuk penyakit lain, seperti :

1. Mengatasi Sembelit

Penyakit sembelit perlu mengkonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Karena dengan pencegahan yang dilakukan dari bawang merah mentah membantu proses pembuangan racun pada tubuh. Untuk itu, bagi penderita sembelit boleh mengatasinya dengan cara mengkonsumsi bawang merah.

2. Mencegah Terjadinya Kanker

Kandungan di dalam bawang merah terkandung senyawa belerang yang dapat mencegah terjadinya kanker. Senyawa belerang yang ada pada bawang merah mentah berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker yang ada dalam tubuh. Untuk itu lakukan cara untuk mencegah penyakit kanker dengan mengkonsumsi bawang merah mentah, agar sel kanker yang ada tidak berkembang dan menyebabkan penyakit yang lebih parah lagi. Selain terkandung senyawa belerang, bawang merah juga memiliki kandungan sulfur yang dapat melindungi tubuh dari beberapa penyakit lainnya.

3. Menyehatkan Jantung

Bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang terkandung dalam tubuh. Dengan bawang merah, agar membantu supaya kadar kolesterol dalam tubuh menjadi normal dan membuat peredaran darah tidak terganggu. Hasilnya pun dapat meningkatkan kesehatan jantung.

4. Mengontrol Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan kurangnya produksi insulin pada tubuh. Dari kandungan yang ada dalam bawang merah mentah berfungsi untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Untuk itu,  mencegah penyakit diabetes dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi bawang merah mentah secara teratur untuk menjaga kadar insulin yang ada dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan kesehatan bagi penderita diabetes.

5. Mengobati Masuk Angin Pada Anak

Banyak orang tua yang mengganti uang logam untuk alat kerokan pada anak menggunakan bawang merah. Caranya dengan bawang merah dipotong menjadi dua bagian, kemudian dipadukan menggunakan minyak kayu putih maupun minyak goreng. Bawang merah mentah dapat menghangatkan tubuh dan menghilangkan gangguan masuk angin yang sering terjadi pada anak-anak.

6. Mengatasi Radang Tenggorokan

Bawang merah juga dapat mengatasi radang tenggorokan yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Untuk pencegahannya mungkin dapat mengkonsumsi bawang merah secara teratur agar tidak terjadi radang tenggorokan seperti yang biasa dialami.

Efek Samping Bawang Merah

Meskipun manfaatnya untuk kesehatan mata sangat baik, bawang merah juga memiliki efek samping tertentu. Bawang merah dapat bereaksi menjadi alergi terhadap beberapa orang sehingga dapat menyebabkan gejala seperti asma bronkial, rasa gatal, berkeringat atau anafilaksis.

Untuk pengobatan dengan menggunakan bawang merah harus dengan dosis secukupnya agar tidak terjadi efek samping yang berlebih. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *