Obat Jerawat Yang Bagus Di Apotik

Obat Jerawat Yang Bagus Di ApotikObat Jerawat Yang Bagus Di Apotik – Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik warna merah pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung dan dada.

Meski jerawat dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi di masa puber, yaitu pada remaja berusia 10-13 tahun dan semakin buruk pada orang yang memiliki kondisi kulit berminyak.

Jerawat pada usia remaja biasanya akan hilang dengan sendirinya pada awal usia 20 tahun. Namun, pada sebagian kasus lain, masih ada yang mengalami masalah jerawat dan susah sembuh hingga usia 30 tahun terutama pada wanita.

Terdapat 4 Kondisi Yang Dapat Menyebabkan Jerawat, Yaitu :

  • Produksi sebum berlebih : sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak yang berfungsi untuk mencegah kulit yang kering.
  • Sumbatan pada folikel rambut : jerawat yang muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Bakteri : Jenis bakteri “Propionibacterium Acne”  yang dapat menyebabkan penyumbatan folikel rambut serta menyebabkan peradangan.
  • Hormon : Aktivitas dari jenis hormon androgen yang berlebih akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Faktor Resiko Jerawat :

Perubahan hormon, Masa Pubertas, Keturunan, Gesekan Kulit Dengan Benda, Stress, Konsumsi Obat-Obatan, Penggunaan Kosmetik dan Merokok.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat, salah satunya menggunakan salep jerawat yang merupakan obat paling umum digunakan. Memilih salep jerawat yang tepat akan membantu anda menghilangkan jerawat dengan cepat.

Pahami Lebih Lanjut Berbagai Kandungan Salep Jerawat Sebelum Memutuskan Untuk Membelinya.

Semua orang mungkin merasakan ketika jerawat muncul pada area wajah, dada, atau punggung. Tidak hanya remaja, atau mereka yang sedang mengalami masa pubertas saja yang didera oleh benjolan kecil kemerahan ini, orang dewasa pun masih bisa berurusan dengan jerawat.

Untungnya, gejala acne (jerawat) pengganggu ini bisa diobati dengan beberapa cara. Salah satunya dengan menggunakan obat oles krim, gel, atau salep jerawat.

Memilih Salep Jerawat Berdasarkan Kandungannya

Obat Jerawat Yang Bagus Di Apotik

Simak berbagai kandungan yang terdapat pada salep jerawat berikut ini sebelum membeli dan menentukan pilihan untuk mengobati jerawat yang mengganggu. Seperti :

1. Salicyid Acid

Salicyid acid dapat mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo serta mengurangi bakteri penyebab jerawat.

Itu sebabnya, kandungan ini sering kali digunakan sebagai salah satu bahan utama untuk penghilang jerawat pada wajah berjerawat.

Obat ini digunakan sebagai obat luar dan sering dikombinasikan dengan beberapa zat lain seperti benzoic acid, sulfur, camphor dan sebagainya tergantung pada tujuan pemakaiannya.

Aturan Pakai :

  • Hanya digunakan pada orang dewasa saja.
  • Obatnya berbentuk salep, gel atau cairan obat luar.
  • Oleskan secara tipis sebanyak 1-3 kali sehari pada area kulit yang terdapat jerawat.
  • Kurangi dosis menjadi 1 kali sehari bila anda mengalami pengelupasan kulit atau kulit menjadi kering.
  • Dosis dan durasi pengobatan disesuaikan berdasarkan respon terapi dan pertimbangan dokter.
  • Hindari penggunaan obat ini pada area kulit jerawat yang mengalami radang atau luka.

2. Retinoid

Retinoid merupakan salah satu kandungan nutrisi penting bagi tubuh yang umumnya digunakan untuk merawat kesehatan mata, pertumbuhan, kekebalan tubuh (imun) dan reproduksi.

Selain itu, retinoid dapat digunakan pula untuk menjaga kecantikan kulit misalnya, mengatasi jerawat. Obat ini bekerja untuk memicu proses sel-sel kulit mati secara cepat dan menyeluruh, agar bisa digantikan dengan sel-sel kulit yang baru.

Aturan Pakai :

Salep ini dapat digunakan sehari 2 kali, pagi dan malam hari sebelum anda tidur. Bersihkan wajah terlebih dahulu dan tunggu sampai 1-2 jam setelah anda membersihkan wajah.

Efek Samping Retinoid :

Reaksi orang terhadap sebuah obat akan berbeda-beda. Efek samping yang terjadi setelah menggunakan obat-obatan retinoid adalah munculnya kulit kemerahan, seperti terbakar, seperti disengat, kesemutan, gatal, kering, bengkak, terkelupas, iritasi hingga perubahan warna kulit.

3. Benzoyl Perokxide

Benzoyl Perokxide adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Benzoyl Perokxide merupakan obat luar yang memiliki kandungan atau campuran dengan kandungan lain seperti, antibiotik untuk mengatasi jerawat.

Obat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup.

Peringatan!!

  • Hindari kontak obat pada area bibir, mulut, hidung dan mata. Apabila terjadi kontak dengan area tersebut, diharapkan untuk segera membilasnya dengan air mengalir.
  • Jangan menggunakan obat ini jika anda sedang menderita masalah kulit lain, seperti eksim, iritasi atau luka.
  • Hindari wajah dari paparan sinar matahari terlalu lama selama menggunakan benzoyl peroxide.
  • Segera temui dokter apabila anda mengalami reaksi alergi atau overdosis.

Aturan Pakai Menggunakan Benzoyl Peroxide Dengan Benar :

  • Bersihkan permukaan kulit yang berjerawat sebelum mengolesinya dengan benzoyl peroxide.
  • Hindari menyentuh daerah kulit yang telah diolesi obat ini, setidaknya 1 jam setelah pemakaian.
  • Gunakan benzoyl 1-2 kali dalam sehari, oleskan pada area jerawat saja.

Efek Samping Jika Digunakan Berlebihan Tidak Sesuai Dosis :

Bisa menimbulkan ruam pada kulit, sensasi terbakar, gatal, melepuh, merah bengkak dan kulit menjadi kering. Jika ini terjadi, segera temui dokter.

4. Antibiotik

Penggunaan antibiotik untuk jerawat harus sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Karena, dokter perlu melihat kondisi jerawat dan kebutuhkan penggunaan antibiotik terlebih dahulu untuk jerawat.

Menggunakan antibiotik untuk jerawat tidak boleh sembarangan, karena penggunaan antibiotik yang tidak tepat bisa meningkatkan resiko resistensi antibiotik.

Penggunaan antibiotik untuk jerawat mungkin akan digabungkan dengan jenis oleh yang mengandung retinoid dan benzoyl peroxide untuk meningkatkan efektivitas pengobatan dan menurunkan resiko terjadinya resistensi antibiotik.

5. Azelaic Acid

Azelaic Acid bekerja dengan membuang sel kulit mati, membunuh bakteri dan tersedia dalam bentuk krim. Obat ini dapat digunakan bila pasien yang mengalami iritasi akibat pemakaian retinoid topikal atau benzoyl peroxide.

Aturan Pakai :

  • Azelaic Acid digunakan 2 kali sehari atau 1 kali sehari bagi pasien yang memiliki kulit sensitif.
  • Meskipun obat ini tidak akan membuat pemakainya sensitif terhadap sinar matahari, namun Azelaic Acid dapat menimbulkan efek samping seperti kulit kering, gatal, kemerahan dan perih.

Selanjutnya :

6. Vitacid

Obat jerawat ini sangat ampuh untuk mengobati jerawat, mencerahkan kulit kusam, membantu meregenerasi kulit, hingga menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

Jaringan parut, flek hitam, hingga bekas jerawat secara berangsur-angsur mulai memudar dan menghilang jika menggunakan obat ini. Kendati begitu, hasil dan waktu yang dibutuhkan mungkin bisa berbeda pada setip orang.

Aturan Pakai :

  • Pemakaian secara berlebih tidak akan memberikan hasil yang baik. Justru sebaliknya dapat terjadi area kulit menjadi kemerahan, pengelupasan, serta masalah lainnya.
  • Saat pemakaian, mungkin akan terasa panas atau sedikit perih. Namun hal tersebut bersifat sementara dan wajah jika terjadi.
  • Jika pengguna tidak tahan, maka sebaiknya berhenti menggunakannya sementara waktu hingga kondisi tersebut mereda.
  • Harap Ingat!! mungkin selama jangka waktu selama minggu-minggu awal pemakaian akan terjadi peningkatan peradangan. Anda tidak perlu cemas, karena ini merupakan cara kerja dari obat cream tersebut.

Efek Samping :

Bagi pemilik kulit yang peka, mungkin akan menjadi timbul warna merah pada area wajah, sampai-sampai mengeras, melepuh dan membengkak.

Jika timbul efek-efek tersebut, sebaiknya pengobatan dihentikan sementara hingga keadaan kulit putih normal kembali.

7. Brevoxyl Cream

Brevoxyl Cream merupakan obat jerawat yang sudah beredar banyak dipasaran. Obat ini mampu untuk menyembuhkan jerawat batu diwajah anda. Karena obat ini mengandung benzoyl peroxsida yang kadarnya mencapai 4%.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa benzoyl peroxsida ini mampu membunuh bakteri secara menyeluruh. Karena, bakteri merupakan penyebab jerawat menjadi bernanah.

Cara Penggunaan :

  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Oleskan pada seluruh wajah anda yang berjerawat secara merata.
  • Gunakan obat ini sehari 2x pada pagi dan malam sebelum menjelang tidur.
  • Jauhkan obat ini dari sekitar area mulut, hidung dan mata.
  • Jika terjadi iritasi, harap hentikan pemakaian dan segera konsultasikan ke dokter.

8. Quinoderm Cream

Quinoderm Cream adalah obat jerawat batu. Obat ini sangat mudah untuk didapatkan di apotik manapun. Obat ini bermanfaat untuk mengobati jerawat batu pada wajah anda.

Obat ini terbagi 2 varian, yaitu :

  • Quinoderm 5% Cream → sangat baik untuk anda gunakan ketika anda mengalami jerawat ringan.
  • Quinoderm 10% Cream → jika anda mengalami peradangan akut seperti jerawat batu, maka lebih baik anda menggunakan Quinoderm 10% Cream agar hasilnya lebih manjur dan lebih memuaskan.

9. Tetracyline

Tetracyline adalah kelompok obat antibiotik. Obat ini berfungsi untuk gejala infeksi yang disebabkan oleh bakteri dengan menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini tidak berfungsi mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus seperti flu dan batuk.

Obat Tetracyline Biasanya Digunakan Untuk Mengobati Beberapa Kondisi, Seperti :

  • Infeksi saluran kemih.
  • Penyakit menular seperti sifilis dan chlamydia.
  • Infeksi kulit, diantaranya yang menyebabkan jerawat.
  • Infeksi saluran pernafasan.

Aturan Pemakaian :

  • Obat ini baik dikonsumsi saat keadaan perut kosong.
  • Disarankan mengkonsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.
  • Banyaklah meminum air jika mengkonsumsi obat ini.
  • Jangan dulu berbaring selama 10 menit setelah mengkonsumsi obat ini.

Peringatan!!

  • Obat ini hanya dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak 12 tahun ke atas.
  • Jika masih dibawah 12 tahun lebih baik jangan mengkonsumsi obat tersebut agar hal yang tidak kita inginkan tidak akan terjadi.

Efek Samping :

Anda tidak akan memiliki nafsu makan, muntah dan mual, diare, pusing, sakit atau iritasi tenggorokan, munculnya infeksi jamur yang menyebabkan gatal-gatal pada mulut atau vagina.

10. Salep Jerawat Mediklin

Jenis obat ini memang tidak terlalu populer karena tidak beredar dipasaran. Jenis obat ini biasanya diberikan sesuai resep dokter saat anda melakukan konsultasi kulit dengan dokter kulit.

Obat jerawat ini sudah terbukti aman dan dapat mengatasi jerawat pada kulit wajah. Untuk jenisnya sendiri obat jerawat mediklin terbagi menjadi 2 jenis. Berikut jenis-jenis obat jerawat mediklin yaitu :

⇒ Mediklin Orange

Obat mediklin orange ini berfungsi untuk mengatasi jerawat yang baru timbul pada wajah. Cara kerjanya cukup simpel, hanya dengan membantu agar jerawat tidak membesar dan cepat mengeringkannya.

⇒ Mediklin Ungu

Untuk pemakaian sediri dari mediklin ungu baiknya dioleskan saat menjelang tidur. Mediklin ungu memiliki fungsi utama untuk mengatasi jerawat dengan cara sebagai berikut :

  • Mencegah penebalan kulit yang menyebabkan kulit menjadi kusam.
  • Mengatasi jerawat yang parah dan membandel pada kulit.
  • Membersihkan pori-pori pada wajah secara menyeluruh.
  • Mengatasi komedo pada area kulit baik itu komedo hitam yang bersifat tertutup atau komedo putih yang berada dipermukaan kulit wajah.

Cara Pemakaian Mediklin Ungu Yaitu :

  • Dipakai hanya 1 kali sehari pada waktu malam hari.
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum anda menggunakan sabun pembersih wajah.
  • Lakukan penguapan pada wajah menggunakan air panas dengan hati-hati agar bertujuan membuka pori-pori wajah secara menyeluruh.

11. Meilibahealing

Meilibahealing merupakan sebuah produk yang terbuat dari ekstrak minyak ular dan dikombinasikan dengan 100% bahan alami khas China. Produk satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kecantikan kulit.

Mulai dari menghilangkan bekas jerawat, bekas luka, tersiram air panas dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbeda dengan produk kecantikan lainnya, Meilibahealing ini cocok digunakan semua kalangan.

Baik itu anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa. Dengan penggunaan secara rutin, kulit anda akan semakin mulus tanpa bekas luka.

Manfaat Meilibahealing Untuk Kulit :

  • Menghilangkan bekas jerawat.
  • Menghilangkan bekas luka akibat terjatuh.
  • Menghilangkan bekas luka akibat tersiram benda panas dan knalpot.
  • Menghilangkan bekas luka karena koreng.
  • Menyamarkan bekas luka akibat gigitan nyamuk, serangga, dll.

Cara Menggunakan Meilibahealing Dengan Benar :

  • Cukup dengan mengoleskan pada bagian bekas luka atau jerawat saja.
  • Anda bisa mengoleskannya setiap 2 jam sekali, jadi dalam 1 hari anda bisa mengoleskan lebih dari 1 kali.

Sebelum anda menggunakan Meilibahealing, pastikan terlebih dahulu produk tersebut adalah ASLI. Mengingat sekarang banyak sekali beredar produk Meilibahealing palsu di pasaran. Produk palsu bukannya membuat jerawat anda hilang, tapi akan mengakibatkan kulit anda rusak.

12. Salep Walet

Salep Walet berfungsi untuk mengobati segala macam masalah kulit seperti jamuran, kadas, panuan, gatal-gatal, merah dan beruntusan terutama untuk masalah jerawat.

Review salep walet ini juga sangat aman, tidak benar jika salep walet ini berbahaya. Salep walet juga memiliki fungsi yang efektif sebagai antiseptik, anti bakteri, anti jamur dan anti virus.

Banyak kegunaan dari salep ini antara lain untuk memutihkan wajah, penghilang bekas jerawat, penghilang bekas luka, untuk wajah dan tangan.

Cara Pakai Salep Walet

  • Oleskan secara merata pada bagian wajah yang berjerawat 2x dalam sehari. Tutup kembali tube dalam kondisi rapat.
  • Hanya untuk pemakaian luar saja.
  • Jangan sampai terkena pada area mata, bila terkena segera bilas dengan air yang banyak.
  • Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
  • Untuk kulit yang rusak dapat menyerap menimbulkan efek sistemik.
  • Produk ini tidak dapat digunakan pada jangka panjang dan pada aplikasi skala besar.
  • Jangan digunakan pada anak dibawah 2 tahun kecuali atas arahan dokter.
  • Sebaiknya tidak digunakan untuk ibu hamil dan menyusui.

13. Acnecide 5% Gel

Acnecide 5% Gel merupakan obat jerawat yang sudah beredar dipasaran. Obat ampuh sekali untuk menghilangkan jerawat batu pada wajah anda. Karena obat ini memiliki kandungan benzoyl peroxsida yang akan ampuh membunuh bakteri pada wajah anda.

Acnecide 5% Gel juga dilengkapi dengan teknologi mikrosphere yang sangat spesial, dimana hal ini akan membantu menyingkirkan minyak berlebih dikulit anda yang merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat batu dikulit wajah anda.

Acnecide 5% Gel juga akan memproduksi gliserin yang akan melembabkan kulit wajah anda tanpa membuatnya menjadi terlalu berminyak.

Cara Penggunaan :

  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu.
  • Oleskan Acnecide 5% Gel pada bagian wajah yang terdapat jerawat batu anda.
  • Gunakan obat ini cukup sehari 2x, pagi dan malam hari sebelum tidur.

Peringatan!!

  • Hindari pemakaian obat pada area mata, mulut dan hidung.
  • Jangan melebihi atau mengurangi dosis yang sudah dianjurkan.
  • Kemungkinan besar anda akan mengalami iritasi kulit kering pada saat-saat pertama menggunakan produk ini. Hal ini hanya untuk membuat kulit anda terbiasa saja.

Tips Mengatasi Jerawat

Untuk membantu mengatasi jerawat, anda perlu memperhatikan dan merawat kebersihan kulit wajah dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang perlu anda ketahui dalam merawat kulit berjerawat :

  • Bersihkan kulit menggunakan sabun pencuci wajah dengan formulasi yang ringan.
  • Hindari melakukan srubbing atau menggosok kulit berlebihan saat membersihkan kulit dengan jerawat aktif.
  • Gunakan produk untuk kulit yang telah diuji secara dermatologis dan bersifat non-komedogenik, sehingga aman dan tidak akan menyumbat pori-pori kulit.
  • Hindari kebiasaan menggaruk, menggesek atau memecahkan jerawat sendiri karena dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan bekas.
  • Hindari menyentuh kulit wajah dengan tangan dan rutinlah mencuci tangan agar tetap bersih.
  • Bersihkan wajah sebelum tidur, terutama jika menggunakan make-up.
  • Gunakan obat oles untuk jerawat setelah membersihkan kulit.

Jika ingin menggunakan berbagai obat jerawat oles diatas untuk menangani jerawat yang menyebalkan, maka disarankan jangan asal membeli diapotik dan langsung mengoleskannya ke wajah.

Dianjurkan untuk selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, berguna untuk menentukan bahan atau produk apa yang cocok sesuai dengan jenis kulit anda.

Jangan sampai terlewat untuk membersihkan wajah, terutama sebelum tidur agar jerawat terhempas selamanya.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *