Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Pantangan Makanan Bagi Penderita DiabetesPantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes Diabetes adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan kadar gula darah yang jauh diatas normal.

Di dalam lambung serta usus, makanan akan diuraikan menjadi beberapa elemen dasarnya, termasuk salah satu jenis gula, yaitu glukosa.

Jika terdapat gula, maka pankreas menghasilkan insulin, yang membantu mengalirkan gula kedalam sel-sel tubuh. Lalu gula tersebut dapat diserap dengan baik dalam tubuh dan dibakar untuk menghasilkan energi.

Asupan makanan merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan bagi penderita diabetes. Namun ada beberapa makanan yang harus di pantang oleh penderita diabetes agar kadar gula darah dapat terkontrol, diantaranya :

1. Makanan Dan Minuman Yang Di Pantang Bagi Penderita Diabetes

  • Nasi Putih

Nasi putih dan roti merupakan makanan sumber karbohidrat tinggi. Mengkonsumsi nasi dan roti dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan merupakan pantangan makanan bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Karbohidrat memiliki peran besar pada peningkatan gula darah. Kemudian karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diserap aliran darah. Jika kandungan tinggi, maka dapat menyebabkan kerusakan saraf dan pembuluh darah yang dapat menjadi komplikasi penyakit jantung.

  • Kentang Goreng

Kentang merupakan salah sumber karbohidrat yang sangat tinggi. Dalam sebuah kentang mengandung setidaknya 37 gram karbohidrat. Namun, begitu proses dengan cara digoreng kentang dapat meningkatkan gula darah dan resiko penyakit kardiovaskular lainnya seperti penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi.

  • Makanan Ringan

Makanan ringan merupakan sebuah pantangan bagi penderita diabetes. Pasalnya, bahan utama dari makanan ini adalah tepung terigu. Makanan ringan termasuk makanan karbohidrat yang cukup tinggi dan merupakan salah satu penyebab diabetes.

  • Gula

Gula termasuk makanan pantangan yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan organ pankreas penderita diabetes tidak dapat bekerja maksimal untuk mengubah gula menjadi energi. Bagi orang normal, konsumsi 5 gram gula membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk mengubah gula menjadi energi dan butuh lebih lama bagi penderita diabetes.

Oleh karena itu, perlu memperhatikan takaran gula dalam makanan. Hindari konsumsi teh dan minuman kemasan yang mengandung gula dan pemanis buatan yang buruk bagi kesehatan.

  • Madu

Madu mengandung gula alami dan merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidrat dalam satu sendok madu adalah 17 gram, ini berarti lebih banyak dari gula putih.

  • Yoghurt

Yoghurt memang belum familiar bagi kebanyakan orang Indonesia, tapi bagi penderita diabetes, yoghurt dapat menjadi pilihan makanan sehat tergantung pada jenisnya.

Banyak orang yang menganggap yoghurt beku sebagai makanan alternatif yang sehat dibandingkan eskrim. Namun, justru yoghurt mengandung gula lebih banyak daripada eskrim.

Daripada memilih yoghurt dengan kadar gula tinggi yang dapat membuat gula darah dan insulin anda melonjak, pilihlah yoghurt susu yang tidak mengandung gula dan bermanfaat meningkatkan nafsu makan, mengontrol berat badan dan baik untuk kesehatan usus anda.

  • Sereal

Sereal menjadi pantangan pendertia diabetes selanjutnya, karena sebagian besar sereal mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, sereal mengandung protein yang sangat sedikit. Padahal protein adalah nutrisi yang membuat anda merasa kenyang, sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil disiang hari.

  • Kopi

Dalam tinjauan kesehatan, kopi dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan termasuk penurunan resiko diabetes. Kopi harus dipandang sebagai minuman pencuci mulut atau cemilan tambahan pendamping makanan. Terutama bagi kopi yang beranekan rasanya, yang mengandung banyak gula, kopi jenis itu bukanlah minuman yang sehat.

Untuk menjaga agar gula darah tetap terkontrol dan mencegah kenaikan berat badan, pilihlah kopi biasa atau espresso dengan satu sendok makan krim tebal dan setengahnya saja. Karena, minum kopi berlebihan juga akan sangat berbahaya.

2. Buah-Buahan Yang Di Pantang Bagi Penderita Diabetes

Pantangan diabetes tidak hanya mengenai makanan. Terdapat pula buah-buahan yang dilarang bagi penderita diabetes. Karena buah-buahan ini memiliki kandungan gula yang tinggi. Meski disisi lain buah merupakan sumber vitamin dan gizi yang diperlukan oleh tubuh, namun buah-buahan ini merupakan pantangan bagi penderita diabetes yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, sebagai berikut :

  • Buah Mangga

Buah mangga juga termasuk buah pantangan diabetes yang sering dilupakan oleh penderita kencing manis. Buah mangga terdapat kandungan gula yang merupakan salah satu penyebab tinggi mencapainya Indeks Glikemik 55.

  • Buah Nanas

Kandungan gula dalam nanas mencapai 66 dalam indeks glikemik, yang dapat dibilang cukup tinggi. Dari buah nanas terdapat kandungan sebanyak 20 gram karbohidrat yang tentu saja tidak baik bagi penderita diabetes.

  • Buah Semangka

Nyatanya, kadar gula dalam buah semangka mencapai angka 72 dalam indeks glikemik yang menjadikannya sebagai pantangan bagi penderita diabetes. Selain itu, dalam tiap porsi semangka mengandung 5 gram karbohidrat yang tidak baik bagi penderita diabetes.

  • Buah Anggur

Didalam buah anggur terdapat kandungan 25 gram gula, 120 kalori dan 28 gram karbohidrat sehingga buah anggur merupakan buah yang dipantang bagi penderita diabetes.

  • Buah Kurma

Buah kurma merupakan buah dengan kandungan gula tertinggi, yakni mencapai angka 103 indeks glikemik. Lebih tinggi dibanding gula murni yang hanya mencapai angka 100 glikemik indeks. Proses dari pengeringan buah kurma menjadikan konsentrasi gula pada buah ini meningkat tajam. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi buah kurma karena sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Hal terpenting yang harus dihindari sebisa mungkin adalah makanan yang mengandung lemak tidak sehat, biji-bijian olahan dan makanan lain yang mengandung karbohidrat olahan.

Menghindari Makanan Yang Di Pantang Bagi Penderita Diabetes diatas dapat membantu anda tetap sehat untuk saat ini dan mengurangi resiko komplikasi diabetes masa depan. Semoga bermanfaat.

By https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *