Penyakit Mata Emetropia

Penyakit Mata Emetropia

Penyakit Mata Emetropia

Mata adalah organ penglihatan. Mata untuk mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf.

Dengan kata lain, yang di maksud dengan mata adalah sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui penyesuaian lensa untuk membentuk sebuah gambar dan hasilnya menjadi satu bagian.

Setelah itu dia akan menyampaikan sinyal-sinyal ke otak melalui jalur saraf kompleks yang akan menghubungkan mata melalui saraf optik menuju korteks visual dan area lain dari otak.

Organ Mata Bagian Luar

  • Bulu mata : Fungsinya untuk menyaring intensitas cahaya, melindungi dari debu dan hewan kecil, mencegah menempelnya kelopak mata.
  • Alis mata : Berfungsi untuk menahan keringat agar tidak masuk ke bola mata.
  • Kelopak mata : Fungsi dari kelopak mata adalah sebagai penutup dan pelindung bagian mata.

Organ Mata Bagian Dalam

Kornea : Berfungsi sebagai tempat untuk memfokuskan dan mengontrol masuknya cahaya ke mata. Kornea adalah bagian penting dari mata dan bertindak sebagai lensa terluar mata.

Skalera : Merupakan bagian dari dinding mata yang berwarna putih dan memiliki ketebalan rata-rata 1 mm tetapi pada irensi otot menebal menjadi 3 mm.

Pupil dan Selaput Pelangi : Berfungsi sebagai diafragma. Selaput pelangi inilah terlihat sebagai bagian yang berwarna pada mata.

Lensa Mata : Berfungsi sebagai pengatur fokus cahaya.

Retina atau Selaput Jala : Retina atau nama lainnya selaput jala merupakan lapisan tipis jaringan yang melapisi bagian belakang mata didalam. Fungsinya dari retina atau selaput jala mata adalah menerima cahaya terfokus dari lensa, mengubah cahaya menjadi sinyal saraf, dan mengirim sinyal saraf itu ke otak.

Saraf Optik : Pada bagian inilah semua obyek dari mata akan dikirim ke otak. Saraf optik akan memasuki sel tali dan kerucut dalam retina, lalu mengirimkan sinyal menuju otak.

Untuk selanjutnya, Apa itu penyakit mata emetropia ? Apakah anda sudah tau apa emotropia itu ? Jika tidak simak dulu penjelasan berikut.

Penyakit Mata Emetropia

Pernah mendengar istilah emtropia ? Emetropia adalah keadaan dimana sinar sejajar yang masuk pada mata tanpa akomodasi atau dalam keadaan istirahat akan difokuskan diluar retina. Emotropia merupakan istilah medis yang digunakan untuk penglihatan normal. Kondisi Emetropia ditimbulkan tanpa adanya kelainan refraksi pembiasan sinar mata dan berfungsi normal. Karena akan menempatkan bayangan benda tepat diretinanya pada keadaan mata tidak melakukan akomodasi.

Mata emotropia mempunyai keseimbangan antara kekuatan pembiasan sinar dengan panjangnya bola mata. Keseimbangan pada pembiasan ditentukan oleh dataran depan kelengkungan kornea dan panjangnya bola mata. Di dalam kornea mata terdapat daya pembiasan sinar terkuat dibanding media refraksi lain. Untuk bagian lensa memiliki peranan sebagai penerima cahaya dari pupil dan meneruskannya ke retina. Panjang bola mata seseorang berbeda-beda.

Jika terjadi suatu kelainan pada pembiasan sinar oleh kornea (mendatar atau mencembung) atau adanya perubahan panjang (lebih panjang atau lebih pendek) bola mata, maka sinar normal tidak dapat terfokus pada makula. Ini disebut sebagai anomali refraksi (ametropia) dapat berupa pula myopia, hipermteropia atau astigmatisme.

Sekilas beberapa informasi dari mata dan penjelasan penyakit mata emotropia. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Terimakasih.

By : https://www.infoherbalku.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *